KPK Bantah Jadi Lembaga Konspirasi Asing

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Sumber :
  • REUTERS/Crack Palinggi

VIVA.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi heran dengan tudingan Pansus Angket bentukan DPR yang menyebutkan ada peran asing di belakang lembaga tersebut. Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, menyebut tudingan Pansus tidak mendasar dan terkesan mengada-ada.

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

"Kami kurang paham yang dimaksud konspirasi asing itu. Perlu penjelasan lebih detail lagi, sebenarnya apa yang dimaksudkan," kata Priharsa saat dikonfirmasi media, Senin malam, 25 September 2017.

Priharsa menjelaskan, selama berdiri sejakĀ 2002, KPK adalah lembaga yang independen. Oleh sebab itu, dia membantah tudingan Pansus Angket tersebut.

Bambang Pacul Sebut Pernyataan Agus Rahardjo soal Intervensi Jokowi Kedaluarsa: Motifnya Apa Coba?

"Kalau kerja sama, ada. Konspirasi ya ga ada. Kami ini independen," kata Priharsa.

Pansus Angket sebelumnya menjelaskan bahwa mereka bersikeras ingin konsultasi dengan Presiden Joko Widodo. Salah satu alasan yakni mereka menilai ada konspirasi asing di balik KPK.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Saya belum bisa sebutkan karena di laporan itu akan ada sesuatu yang mengagetkan nanti ketika kami melibatkan ternyata ada konspirasi asing juga," ujar Ketua Pansus Hak Angket KPK, Agun Gunandjar Sudarsa di DPR, Senayan, Senin pagi.

Agun melanjutkan Jokowi perlu mengetahui kinerja KPK selama ini. Politikus Golkar itu juga akan menyampaikan sejumlah temuan kepada Jokowi.

"Wajar saja kalau Pansus ingin menemui Presiden, itu lebih pada kehendak bahwa KPK dulu lahir kan sebagai bagian dari tanda tangan letter of intent, lalu IMF kucurkan dana, ada World Bank, dan sebagainya," kata Agun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya