PKS: Jatah Kabinet Sudah Deal Sebelum Pilpres

VIVAnews - Partai Keadilan Sejahtera menyebut pembagian jatah kursi kabinet telah selesai dilakukan sebelum Pemilihan Presiden 2009 lalu. Pembagian dilakukan berdasarkan hasil Pemilu 9 April 2009.

"Power sharing itu sudah dilakukan sebelum Pemilihan Presiden," kata Presiden PKS, Tifatul Sembiring, dalam perbincangan dengan VIVAnews, Selasa 25 Agustus 2009. Namun bagaimana rinciannya, Tifatul mengelak menyebutkan. "Tunggulah pengumuman Presiden," katanya.

Pembagian kursi itu sebanding dengan perolehan dalam Pemilu. Partai Demokrat sebagai partai terbesar dalam koalisi mendukung Susilo Bambang Yudhoyono mendapat paling banyak. "PKS sebagai yang nomor dua terbanyak karena memang paling besar kedua setelah Demokrat," ujar Tifatul.

Pada Kabinet Indonesia Bersatu yang bertugas sejak 2004, PKS mendapat tiga kursi menteri. Untuk 2009-2014, PKS berharap kursinya bertambah karena termasuk salah satu partai yang berkeringat banyak sejak awal mendukung SBY.

Sebelumnya, informasi dari dalam Demokrat menyebut Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Golkar masing-masing mendapat jatah dua kursi kabinet. Empat jatah itu diberikan pada profesional yang dekat dengan kedua partai tersebut.

PKS sendiri dikabarkan mendapat lebih dari dua kursi kabinet, sementara mitra koalisi yang masuk parlemen lainnya dibatasi dua kursi saja. PKS mendapat kursi kedua terbesar setelah Demokrat.

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini
VIVA Militer: Rumah dinas cantik Yonif 305 Tengkorak

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Kok bisa? Kenapa ya?....

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024