Rumah SBY Didemo, Demokrat Pertanyakan Netralitas Polri

Didik Mukrianto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Anggota Komisi III DPR Didik Mukrianto menilai unjuk rasa di depan rumah Susilo Bambang Yudhoyono bisa berpotensi menjadi ancaman serius jika tidak diantisipasi dengan tepat dan profesional. Didik menjelaskan mantan presiden beserta keluarganya harus mendapat pengamanan yang baik.

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

"Setelah masa tugas presiden berakhir, sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa-jasanya kepada NKRI perlu mendapatkan pengamanan," kata Didik dalam pesannya kepada VIVA.co.id, Senin, 6 Februari 2017.

Menurut Sekretaris Fraksi Demokrat di DPR ini, ancaman dan gangguan yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan mantan presiden beserta keluarganya dapat menjatuhkan martabat dan kewibawaan pemerintah.

SBY Yakin Duet Renan Buiatti-Reza Beik Jadi Pertahanan Tangguh Jakarta LavAni

"Bahwa pengamanan terhadap mantan presiden dan keluarganya tersebut menjadi kewajiban negara, sebagaimana diamanahkan dalam PP 59 Tahun 2013," ujar Didik.

Didik mengatakan apa yang terjadi dalam unjuk rasa di kediaman SBY menjadi potret buruk hadirnya negara. Dia juga mengatakan Polri seharusnya sejak dini sudah bisa mengambil tindakan preventif atas adanya unjuk rasa itu.

Pengamat Ungkap Ganjalan Utama Megawati Gabung dalam Koalisi Prabowo-Gibran

"Seharusnya Polri menjaga netralitas dalam politik praktis dan menegakkan aturan. Polri tidak boleh melakukan pembiaran. Jangan sampai karena pesanan kepentingan, Polri tidak menegakkan aturan," kata Didik.

Sebelumnya, sejumlah orang melakukan aksi demonstarsi di depan rumah mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kuningan, Jakarta, Selatan, Senin, 6 Februari 2017. SBY pun mengungkap kejadian tersebut melalui Twitternya, @SBYudhoyono. (ase)

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

Jakarta LavAni Allo Bank Electrik yang merupakan juara bertahan mengawali Proliga musim 2024 dengan meraih kemenangan 3-0 atas Jakarta Garuda Jaya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024