Grup E

EKUADOR

Striker Argentina, Gonzalo Higuain, saat melawan Ekuador
Sumber :
  • Joe Camporeale-USA TODAY Sports
Penentu Jerman Juara Piala Dunia Lelang Sepatunya
Julukan:
La Tri (Tri-color)
Presiden FIFA Sebut Messi Tak Pantas Raih Bola Emas

Asosiasi:
Presenter Wanita Ramai-ramai Baca Berita Piala Dunia Tanpa Busana
Federacion Ecuatoriana de FĂștbol (FEF)
Konfederasi:
CONMEBOL

Pelatih:
Reinaldo Rueda

Kapten:
Antonio Valencia

Prestasi terbaik:
16 besar (2006)

Penampilan ke:
3 (2002, 2006, 2014)

Profil Singkat
Tak banyak titel bergengsi yang diraih Timnas Ekuador sejauh ini. Namun, untuk urusan tampil di Piala Dunia, mereka cukup bisa berbangga diri karena sudah dua kali merasakannya sebelum ikut serta pada perhelatan di Brasil, pertengahan tahun nanti.

La Tri pertama kali menjajak Piala Dunia pada 2002 silam. Sial, langkah mereka langsung kandas di babak penyisihan. Tergabung di Grup G bersama Italia, Kroasia dan Meksiko, Ekuador menjadi bulan-bulanan. Mereka selalu kalah dalam tiga partai yang dimainkan.

Pada 2006 di Jerman, Ekuador berhasil memperbaiki catatannya di Piala Dunia. Kala itu, mereka sukses melaju ke fase 16 besar meski akhirnya disingkirkan Inggris.

Sempat absen di Piala Dunia 2010, Ekuador kemudian mati-matian memburu tiket ke Brasil 2014. Hasilnya, mereka sukses. Antonio Valencia lolos dari babak kualifikasi dengan menempati posisi 4 klasemen. Mereka hanya unggul selisih gol dari Uruguay yang harus melakoni laga play off.

Di Piala Dunia 2014 nanti, Ekuador bergabung di Grup E yang lumayan ketat. Tim asuhan Reinaldo Rueda itu harus bersaing dengan juara dunia 1998, Prancis, Swiss dan Honduras.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya