LAPORAN DARI BRASIL

Di Mana Menemukan Makanan Halal di Brasil?

Kebab Shawarma
Sumber :
  • VIVAbola/Edwan Ruriansyah
VIVAbola -
Penentu Jerman Juara Piala Dunia Lelang Sepatunya
Makanan halal jadi barang langka di Brasil. Itu jika Anda belum mengetahui lokasi makanan yang benar-benar halal. Meski memang sangat sulit untuk menemukannya.

Presiden FIFA Sebut Messi Tak Pantas Raih Bola Emas

Di Brasil, banyak makanan berasal dari babi atau mengandung babi. Bagi umat Muslim, tentu ini diharamkan.
Presenter Wanita Ramai-ramai Baca Berita Piala Dunia Tanpa Busana


Makanan yang benar-benar halal akan sangat dicari. Apalagi, bagi warga Muslim yang merencanakan untuk menyaksikan Piala Dunia yang finalnya akan digelar di Stadioan Maracana, Rio de Janeiro, 12 Juli 2014.


Beberapa restoran yang memiliki nasi sebagai menunya sebenarnya ada lauk yang halal, seperti ikan, daging sapi atau ayam. Tapi, cara memasak mereka

diragukan kehalalannya.


Sebenarnya, jika ingin mencari makanan yang benar-benar halal patokannya adalah masjid atau komunitas Muslim berada. Biasanya di sekitar masjid itu berdiri restoran Muslim atau Timur Tengah.


VIVAbola menemukannya di daerah Pari, Sao Paulo, kala itu. Letaknya pas di depan masjid Liga de Juventude Islamica do Brasil (Liga Muslim Brasil).


Nama restorannya Abu Ali. Khas nama Timur Tengah. Dan benar adanya, menu yang disajikan tak jauh-jauh dari menu Muslim seperti kebab.


Harganya pun tak terlalu mahal. Kebab dengan ukuran besar dan mengenyangkan dibanderol 8 Reais atau sekitar Rp42 ribu. Ditambah minum air mineral atau soft drink Guarana sekitar 3 Reais, total menjadi 11 Reais atau Rp58 ribu.


"Orang-orang Indonesia sering datang ke sini, bukan hanya untuk makan. Mereka juga membeli daging segar, yang tentu saja halal," kata Sinta Surentu, staf administrasi Indonesian Trade Promotion Center (ITPC/Pusat Promosi Perdagangan Indonesia) di Sao Paulo, Brasil, yang mengantarkan wartawan Grup VIVA Shalat Jumat dan makan.


Sejauh ini, baru restoran Timur Tengah yang digaransi halal di Brasil. Restoran lainnya masih diragukan.


Tapi, bukan berarti jika belum menemukan restoran halal, kita tidak makan bukan?


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya