Pahlawan Kamerun di Piala Afrika Pernah Bobol Indonesia

Striker Kamerun, Vincent Aboubakar
Sumber :
  • Reuters / Mike Hutchings

VIVA.co.id – Vincent Aboubakar tampil sebagai pahlawan Kamerun di laga final Piala Afrika, Minggu 5 Februari 2017 (Senin dini hari WIB). Gol pemain Besiktas ini memastikan Kamerun menang 2-1 atas Mesir dalam laga yang berlangsung di Stade de l'Amitié, Libreville, Gabon.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Aboubakar yang baru masuk di menit 46 menggantikan Robert Tambe, mampu tampil cemerlang. Dia mencetak gol di menit 88, sekaligus mengakhiri paceklik gelar Kamerun selama 15 tahun. Ini juga menjadi gelar Piala Afrika kelima untuk The Indomitable Lions.

Ternyata, jika ditelusuri, Aboubakar juga sempat menjadi mimpi buruk untuk Timnas Indonesia. Hal itu terjadi saat Indonesia berhadapan dengan Kamerun di laga persahabatan, 25 Maret 2015.

Jadwal Final Piala Afrika 2023, Timnas Pantai Gading Ditantang Nigeria

Seperti dilansir Soccerway, Aboubakar mencetak gol tunggal kemenangan Kamerun di menit 35 dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Tim Merah Putih pun kalah 0-1 dalam laga tersebut.

Indonesia yang saat itu dilatih Benny Dollo mengandalkan trio Tantan, Boaz Solossa, dan Cristian Gonzales di lini depan. I Made Wirawan dipercaya mengawal gawang Timnas. Selain itu, ada juga nama-nama seperti Zulham Zamrun, Hariono, dan Victor Igbonefo.

Hasil Manis Tuan Rumah Piala Afrika dan Piala Asia 2023, Sama-sama Melaju ke Final

Selain Aboubakar, ternyata ada juga beberapa pemain Kamerun yang menjuarai Piala Afrika, yang juga sempat tampil saat melawan Indonesia. Di antaranya Benjamin Moukandjo, Fabrice Ondoa, dan Clinton N'Jie.

Timnas Pantai Gading juara Piala Afrika 2023

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Kisah Pantai Gading mirip dengan Timnas Portugal di EURO 2016. Di mana, mereka sama-sama terseok di fase grup, namun akhirnya bisa mengakhiri dengan gelar juara.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2024