Rui Vitoria Dipecat Gegara Mesir Gagal Juara Piala Afrika, Mohamed Salah Langsung Kirim Pesan

Pemain Liverpool Mohamed Salah rayakan gol
Sumber :
  • AP Photo/Jon Super

VIVA – Mohamed Salah telah mengirimkan pesan perpisahan kepada pelatih kepala Mesir, Rui Vitoria, setelah dia dipecat menyusul penampilan mengecewakan mereka di Piala Afrika.

Liverpool Tertahan, Perburuan Gelar Sisakan Arsenal dan Man City?

Meskipun gagal memenangkan satu pertandingan penyisihan grup, Mesir berhasil lolos ke babak sistem gugur. Firaun bermain imbang melawan Mozambik, Tanjung Verde, dan Ghana untuk memastikan tempat mereka di babak 16 besar.

Pemain Timnas Mesir

Photo :
  • AP Photo/Sunday Alamba
Pelatih Kiper Persebaya Surabaya Suntikan Semangat untuk Ernando Ari

Namun, Mesir tersingkir dari kompetisi setelah kalah dalam adu penalti melawan DR Kongo, meskipun mereka mencapai final AFCON 2021. Beberapa hari setelah eliminasi mereka, Mesir mengumumkan pemecatan Vitoria sebagai pelatih kepala.

Vitoria mengambil alih Mesir pada Juli 2022 dan menandatangani kontrak berdurasi empat tahun yang akan membuatnya tetap di Firaun hingga setelah Piala Dunia 2026. Meskipun memenangkan 12 dari 14 pertandingannya di AFCON, Vitoria kini telah dibebaskan dari tugasnya, dengan mantan pelatih Al Ahly Mohamed Youssef ditunjuk sebagai manajer sementara.

Kejutan Indonesia U-23 Bikin Uzbekistan U-23 Ogah Kecolongan

Pertandingan terakhir Salah di bawah asuhan Vitoria terjadi saat bermain imbang 2-2 melawan Ghana, di mana penyerang Liverpool itu digantikan sebelum jeda setelah mengalami cedera hamstring. Setelah konfirmasi pemecatan Vitoria, Salah berterimakasih kepada pelatih itu.

“Terima kasih atas segalanya, pelatih. Saya berharap yang terbaik untuk Anda di masa depan,” kata Mo Salah di Instagram, dikutip dari Mirror, Rabu, 7 Februari 2024.

Salah mendapatkan 13 dari 86 caps Mesirnya di bawah Vitoria, dengan penampilan paling berkesan datang ketika ia mencetak empat gol dalam kemenangan 6-0 di Kualifikasi Piala Dunia atas Djibouti pada bulan November. 

Penyerang Liverpool, Mohamed Salah saat melawan Manchester City

Photo :
  • AP Photo/Jon Super

Manajer klub dan negaranya kemudian melontarkan kata-kata pedas setelah Jurgen Klopp memberikan kabar terkini tentang kebugaran Salah.

Insiden itu terjadi setelah Klopp mengonfirmasi bahwa Salah akan kembali ke Merseyside untuk menjalani perawatan atas cederanya, dengan harapan ia berpotensi kembali pada tahap akhir. Vitoria tidak terkesan dengan pengumuman Klopp dan memberikan tanggapan pedas dalam konferensi pers berikutnya.

“Kami tidak ingin membuat khawatir siapa pun. Saya pikir tidak tepat bagi Liverpool, melalui perantara mana pun, untuk membicarakan hal ini, karena kami memiliki pertandingan yang sangat penting hari ini. Salah selalu bersama kami. Sekarang permainan ini telah usai, kami akan mencari solusi terbaik untuk perawatan pemain. Inilah faktanya. Inilah situasinya,” kata Vitoria. 

“Sebelum pertandingan kami tidak ingin mengatakan apa pun. Sementara itu, semuanya berada dalam kendali tim medis kami yang sangat baik,” imbuhnya. 

Klopp kemudian meminta maaf kepada Vitoria, meskipun semuanya terbukti diperdebatkan karena Mesir gagal bertahan dalam kompetisi cukup lama hingga dia bisa kembali.

Liverpool selanjutnya beraksi ketika mereka menghadapi Burnley di Liga Premier pada hari Sabtu. Tidak diketahui kapan Salah akan kembali lagi untuk The Reds karena mereka mengejar empat trofi antara sekarang dan akhir musim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya