Enggak Pernah Lolos Piala Dunia, Timnas Yordania Bikin Sejarah ke Final Piala Asia

Timnas Yordania
Sumber :
  • AFC

QATAR – Pepatah bola itu bundar sangat pas untuk menggambarkan Timnas Yordania. Berlabel sebagai tim yang tak pernah lolos ke Piala Dunia, tim besutan Hussein Ammouta ini menciptakan sejarah lolos ke partai final Piala Asia 2023.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Secara mengejutkan, Yordania menaklukkan Timnas Korea Selatan 2-0 dalam partai semifinal di Ahmad Bin Ali Stadium, Selasa 6 Februari 2024.

Dua gol kemenangan Yordania dicetak Yazan Al Naimat (53') dan Mousa Tamari (66').

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Yordania pun menciptakan sejarah lolos ke partai final Piala Asia. Pencapaian terbaik mereka sebelumnya adalah melaju ke perempatfinal pada 2004 dan 2011.

Melaju lewat jalur peringkat 3 Terbaik

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Menarik jika berbicara mengenai perjalanan Yordania di Piala Asia 2023. Mereka lolos ke babak 16 besar melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Yordania cuma sekali menang di fase grup dengan menggasak Malaysia 4-0. Sisanya. mereka ditahan Korea Selatan 2-2 dan takluk 0-1 dari Bahrain. Hasil ini menempatkan Yordania di peringkat ketiga Grup E dengan 4 poin dari 3 laga. Mereka lolos sebagai peringkat ketiga terbaik.

Di babak 16 besar, Yordania bertemu Timnas Irak. Irak lebih diunggulkan karena tampil sempurna di fase grup termausk menundukkan favorit juara Jepang 2-1.

Pemain Timnas Yordania rayakan kemenangan

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Yordania mampu menekuk Irak lewat duel dramatis. Sempat tertinggal 1-2, Yordania berbalik unggul menjadi 3-2 berkat dua gol di masa injury time.

Di babak perempatfinal, Yordania bertemu tim debutan Tajikistan. Yordania mencatat sejarah menembus semifinal usai menang 1-0 lewat gol bunuh diri Vahdat Hanonov di menit 66.

Yordania bertemu tim kuat Korsel di semifinal. Dilihat dari rangking FIFA, Korsel ada di posisi 23. Sedangkan Yordania rangking 87.

Yordania belum sekalipun lolos ke Piala Dunia. Hal ini berbeda dengan Taegeuk Warriors yang 11 kali tampil di ajang bergengsi tersebut.

Hasilnya, di luar dugaan Yordania menciptakan dongeng. Mereka mencatat sejarah dengan lolos ke final Piala Asia 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya