Piala AFF 2010

Filipina Akan Tambah 1 Pemain Keturunan

Chad Gould (tengah, nomor 30) di timnas Filipina
Sumber :
  • Philippines football

VIVAnews - Inti kekuatan tim nasional sepakbola Filipina yakni pemain keturunan. Filipina sedang membujuk satu pemain keturunan lagi jelang melawan Indonesia di semifinal Piala AFF 2010.

Presiden Federasi Sepakbola Filipina (PFF), Jose Mari Martinez masih terus membujuk striker keturunan Inggris (Fil-British), Chad Gould. Filipina yang mengenal azas dwi kewarganegaraan memang dengan mudah melakukan hal itu, tanpa proses naturalisasi. Tak aneh jika kini 9 pemain keturunan menjadi pilar The Azkals.

“Saya sempat bicara dengan Chad dan memberikan penawaran secara personal. Saya akan membayarnya agar mau bermain di Jakarta,” kata Martinez seperti dilansir Philstar.

Filipina akan menghadapi Indonesia dalam dua laga semifinal Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, 16 & 19 Desember 2010.

"Saya bisa meyakinkan pihak AFF (Federasi Sepakbola ASEAN) untuk mengizinkan Chad bermain di semifinal. Jika ia belum mau bermain, saya tetap akan mengajaknya ke Jakarta. Saya berharap ia bisa dan mau bermain di final, jika kami lolos," lanjutnya.

Martinez sangat berharap Chad bisa bermain di semifinal. Pemain ini akan menjadi kekuatan yang tak terdeteksi oleh Indonesia. Ia juga punya postur ideal untuk seorang striker dengan tinggi 185 cm.

Striker kelahiran Croydon, Inggris, 30 September 1982 ini pernah menimba ilmu di klub Southampton saat masih muda. Southampton merupakan klub mantan anggota Premier League yang kini terlempar ke Division One alias Divisi 3 Liga Inggris. Chad kini juga dalam proses menjadi pemain klub AFC Wimbledon, klub National Conference Inggris.

"Saya sempat menghubungi pelatih Simon McMenemy. Tampaknya, Chad tak mau lagi memperkuat Filipina sejak tak dipanggil lagi ke timnas. Padahal, kemampuannya sangat bagus. Sayang, jika ia hanya menjadi penonton," tutur Martinez.

Chad telah memperkuat timnas senior Filipina sejak 2004. Bahkan, ia juga memperkuat tim Filipina U-23 pada 2005. Di timnas senior, Chad telah mencetak 6 gol dari 13 penampilan.

Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024
Uzbekistan U-23 vs Arab Saudi U-23

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 akan jadi sajian di semifinal Piala Asia U-23 2024. Duel kedua tim akan dilangsungkan di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Qatar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024