Menanti Ketajaman Alvaro Morata, Juru Gedor Baru Chelsea

Penyerang Chelsea, Alvaro Morata
Sumber :
  • REUTERS/Lucy Nicholson

VIVA.co.id – Ajang Premier League jelas bukan kompetisi yang mudah untuk ditaklukkan. Dengan predikat sebagai  kompetisi terbaik di dunia, tak jarang pemain dengan status bintang justru tenggelam dan tak bersinar di Premier League. Jelang musim 2017/2018 yang akan bergulir mulai 12 Agustus 2017 mendatang, semua pemain baru yang akan memulai karier di Premier League, dituntut harus segera tune in, dan bisa bertarung dalam kerasnya kompetisi kasta tertinggi di Inggris.

Kylian Mbappe Umumkan Perpisahan dengan PSG, Menuju Real Madrid?

Yang tentu akan jadi sorotan utama adalah bomber anyar Chelsea, Alvaro Morata. Penyerang berpaspor Spanyol ini sepakat untuk bergabung dengan juara Premier League 2016/2017, Chelsea. Bomber berusia 24 tahun ini bakal jadi andalan baru di lini depan armada London Barat.

Reputasi Morata sebagai penyerang muda yang cukup eksplosif terbilang tersohor. Alumni akademi sepakbola Real Madrid ini senantiasa tampil apik, saat masih membela Madrid dan Juventus. Bagaimana tidak, Morata punya catatan 31 gol dalam 95 penampilannya di semua ajang bersama Madrid. Morata juga ikut mengecap 2 gelar juara Liga Champions bersama Madrid, dan 1 gelar LaLiga.

Daftar Juara di 4 Liga Top Eropa Musim Ini, Tinggal Tunggu Premier League

Tak cuma bersinar di Madrid, Morata juga cukup impresif saat bergabung bersama Juventus awal musim 2014/2015. Morata yang harus bersaing dengan beberapa nama striker papan atas semisal Alessandro Matri, Carlos Tevez, hingga Mario Mandzukic, mampu menunjukkan kapasitasnya. 27 gol berhasil dicetak dalam 93 laga di semua ajang, termasuk mengantar Juventus meraih 2 gelar Scudetto secara beruntun medio 2014/2015 dan 2015/2016.

Aral Menuju Inggris

Madrid Vs Dortmund di Final Liga Champions Jadi Pengalaman Unik Jude Bellingham

Bukan semudah membalik telapak tangan Chelsea bisa mendatangkan Morata. Sebab, Morata sebelumnya justru jadi pemain utama dalam daftar buruan Manchester United. Sementara Chelsea, mengejar bomber Everton, Romelu Lukaku, yang justru akhirnya berlabuh di MU.

Kegagalan Chelsea mendatangkan Lukaku jadi alasan utama mengalihkan pandangannya kepada Morata. Morata dinilai manajemen The Roman Emperor jadi sosok yang tepat untuk jadi andalan baru lini depan. Sebab, Chelsea saat ini terancam kehilangan Diego Costa, yang terus disebut bakal pergi dari Stamford Bridge.

Namun, Morata akhirnya yakin untuk meninggalkan Madrid dan menerima pinangan Chelsea. Tak lain dan tak bukan, adalah sosok Antonio Conte yang jadi alasan utama kepindahannya. Morata merasa Conte adalah orang yang percaya akan kemampuannya.

Seperti yang diketahui, Conte adalah sosok yang membuat Morata bergabung dengan Juventus dua musim lalu. Sayangnya, Morata tak sempat bertemu Conte, lantaran sang pelatih dipanggil untuk menjadi arsitek Timnas Italia.

"Saya mau gabung dengan tim yang pelatihnya percaya kemampuan saya. Itu hal terbaik yang saya perlukan," kata Morata dilansir Guardian.

"Saya masih memikirkannya. Dia merekomendasikan saya untuk Juve. Tapi, sebelum saya datang, dia hengkang. Kemudian, dia menginginkan saya di Chelsea. Ternyata, dia kenal saya lebih dari yang dibayangkan. Itu penting, memotivasi saya bekerja dan berlatih lebih keras," ujarnya.

Sejarah Transfer dan Cibiran Rival

Menurut laporan ESPN, Morata ditebus Chelsea dari Madrid dengan dana tebusan sebesar €81 juta, atau setara dengan Rp1,3 triliun. Dengan jumlah ini, Morata jadi salah satu dari 10 pemain dengan nilai transfer termahal di dunia.

Dengan jumlah tersebut, Morata berada di posisi ke-8 pemain termahal dunia saat ini. Meskipun, nilai transfer Morata masih lebih kecil dari dana yang digelontorkan MU untuk menebus Lukaku dari Everton. MU harus menggelontorkan dana sebesar €85 juta, atau senilai Rp1,3 triliun untuk mendatangkan Lukaku

Pasca kesepakatan Morata bergabung dengan Chelsea, manajer MU, Jose Mourinho, ikut memberikan komentarnya. Mourinho menanggapi dingin kepindahan Morata ke Chelsea. Seperti yang diketahui, Mourinho juga begitu menginginkan Morata.

Eks manajer Chelsea ini malah sedikit berkomentar tentang hubungan yang tak harmonis antara Conte dengan Costa. Akibat dari hubungan tak baik antara keduanya, Costa disebut akan meninggalkan Chelsea.

"Saya tidak tertarik dengan apa yang dilakukan oleh Chelsea (di bursa transfer). Sungguh," kata Mourinho saat ditanya transfer Morata, seperti dilansir ESPN.

"Chelsea jelas, mereka harus mendapatkan seorang striker baru setelah apa yang terjadi dengan manajernya (Antonio Conte) dan Diego Costa," ujar eks pelatih Chelsea ini. 

Patut dinanti, apakah kualitas Morata akan kian menanjak bersama Chelsea? Atau, dana besar Chelsea yang digelontorkan untuk Morata justru terbuang sia-sia?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya