Legenda Ceko: Ronaldo Pasti Gagal Adu Penalti

Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS/Michael Buholzer

VIVAbola - Seorang legenda sepak bola Ceko, Antonin Panenka, memprediksi negaranya akan menang dalam laga perempat final melawan Portugal di Stadion Nasional Warsawa, Kamis 21 Juni 2012 waktu setempat (Jumat dini hari WIB). Pria 63 tahun ini memprediksi Thomas Rosicky dan kawan-kawan akan menang melalui drama adu penalti.

"Pertandingan nanti akan berakhir imbang 1-1, dan Ceko akan menang lewat adu penalti," ujarnya seperti dikutip Maisfutebol, Kamis 21 Juni 2012.

Secara khusus, pemilik 59 caps timnas Ceko ini menunjuk Cristiano Ronaldo akan menjadi salah satu pemain Portugal yang gagal mengeksekusi penalti. Dia menilai pemain Real Madrid itu memiliki beberapa kelemahan.

"Ronaldo lebih ahli dalam mengeksekusi tendangan bebas daripada penalti. Dia terlihat sangat gugup jika akan menendang penalti."

"Bagi Ronaldo, bertanding tanpa mencetak gol rasanya seperti mengalami kekalahan. Karena tekanan itu, saya pikir dia akan gagal jika menendang penalti," ungkapnya.

Panenka menilai negaranya lebih pantas dari Portugal untuk lolos ke semifinal. Skuad asuhan Michal Bilek ini memiliki kelebihan khusus yang bisa dijadikan senjata untuk menaklukan Seleccao das Quinas.

"Karakter Ceko lebih tenang, dibandingkan dengan Portugal yang emosional dan impulsif. Ketika pertandingan dihadapkan pada situasi adu penalti, tim yang lebih sabar akan menjadi pemenang," jelasnya.

Panenka adalah bintang Ceko saat menjadi juara Kejuaran Eropa untuk pertama kalinya tahun 1976 di Yugoslavia. Saat itu, Ceko mengalahkan Jerman Barat lewat drama adu penalti dengan skor 5-3 setelah bermain 2-2 di waktu normal dan babak perpanjangan waktu.

Panenka yang berposisi sebagai gelandang serang, ditunjuk sebagai eksekutor terakhir Ceko. Tendangannya mampu menaklukan penjaga gawang Jerman Barat saat itu, Sepp Maier. (ren)

Pogba Catat Rekor, Ini Daftar 10 Pemain Termahal Dunia
Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Ronaldo sudah kembali berlatih bersama Madrid.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016