Tunggakan Belum Lunas, Persijap Hanya Boleh Pakai 18 Pemain

Joko Driyono
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola -
Persija Ajukan Banding atas Putusan DRC FIFA
PT Liga Indonesia selaku operator Liga Super Indonesia (ISL) musim 2014, telah mengambil putusan tegas mengenai kasus tunggakan gaji yang dialami oleh Persijap Jepara. Hanya 18 pemain yang diizinkan oleh PT Liga untuk digunakan Persijap di musim ini.

PT Liga Tak Masalah ISC 2016 Digelar Lebih Awal

CEO PT Liga, Joko Driyono, menuturkan pihaknya masih belum mendapatkan laporan yang memuaskan terkait penyelesaian utang Persijap kepada para pemainnya di musim lalu. Laskar Kalinyamat diketahui masih memiliki tunggakan gaji yang angkanya mencapai Rp300 juta kepada para penggawanya ketika berkiprah di kompetisi Liga Primer Indonesia (IPL) musim lalu hingga sekarang.
Mantan Bek Arema Cronus Merapat ke Surabaya United


Dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Liga, setiap klub yang masih memiliki tunggakan gaji, hanya boleh menggunakan 18 pemain saja.


"Jumlahnya saya tidak mau membeberkan, yang pasti bisa dikatakan cukup besar. Sampai sekarang Liga masih belum mendapatkan laporan dari penyelesaian tunggakan gaji Persijap. Namun, dipastikan mereka hanya bisa menggunakan 18 pemain hingga tunggakan gajinya selesai," kata Joko, Senin 3 Januari 2014.


Sebenarnya, selain Persijap, Persela serta Sriwijaya FC masih memiliki tunggakan gaji terhadap para pemainnya. Akan tetapi, seperti yang dijelaskan Joko, kasus yang dialami Persijap jauh berbeda dengan Persela dan Sriwijaya.


"Persela tunggakan gajinya tersisa Rp600 juta. Persela masih memiliki piutang di Liga sekitar Rp700 juta. Secara logika, uang itu bisa digunakan Persela untuk langsung mengeksekusi tunggakan mereka. Persela sudah sepakat, tunggakan gaji akan dieksekusi langsung oleh Liga menggunakan uang itu," ucap Joko.


"Kalau Sriwijaya, kasusnya masih dispute. Masih ada perbedaan angka di antara pemain dan klub. Kasusnya juga sudah masuk ke ranah hukum di internal PSSI. Jadi, baik Persela dan Sriwijaya bisa menggunakan lebih dari 18 pemain," sambung pria asal Ngawi ini.


Masa pendaftaran dan transfer pemain di ISL 2014 masih akan berlangsung hingga 28 Februari. Sebenarnya, setiap klub boleh mendaftarkan lebih dari 18 pemain. Namun, jika masih ada tunggakan gaji, hanya 18 pemain saja yang bisa disahkan statusnya hingga tunggakannya selesai.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya