Tandang ke Samarinda, Persib Bandung Dihantui Sejarah Buruk

Pusamania Borneo FC (kuning)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA.co.id – Persib Bandung bakal menghadapi lawan tangguh di pekan 2 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, Sabtu 7 Mei 2016. Tim besutan Dejan Antonic ini akan melakoni laga tandang ke Samarinda, melawan Pusamania Borneo FC (PBFC) di Stadion Segiri.

Laga Lawan Persib Ditunda, Arema FC Tak Bisa Santai

Kapten Persib, Atep, memastikan timnya siap menunjukkan permainan terbaik dan meraih hasil lebih baik setelah di laga pertama harus puas bermain imbang 1-1 dengan Sriwijaya FC. Kendati bakal bermain di bawah tekanan suporter tuan rumah, Atep optimis Persib memiliki peluang meraih poin.

Apalagi, PBFC dipastikan tidak akan diperkuat gelandang berpengalaman Gerald Pangkali, yang menerima kartu merah saat melawan Bali United. "Saya percaya Persib punya modal dan kemampuan untuk meraih poin di sana, mudah-mudahan bisa terwujud," ungkap Atep.

Menang Telak Lawan PSS Sleman, Kemampuan Arema Jawab Kritik

Pemain asal Cianjur itu pun tak mau rekan-rekannya memikirkan statistik yang kurang memihak Persib. Selama ini, Maung Bandung kerap kesulitan meraih kemenangan di Samarinda.

"Soal itu tidak usah terlalu dipikirkan karena ini sepakbola, walaupun katanya kita sulit menang di sana. Tapi, sepakbola selalu berubah," tegasnya.

Atep memberi contoh bagaimana Sriwijaya FC akhirnya mampu mematahkan rekor buruk selalu kalah dari Persib setiap bermain di Bandung. SFC berhasil memaksakan hasil imbang 1-1 di laga pertama yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat.

Persela Waspadai Motivasi Berlipat Pemain Persib

Sejarah Persib main di Samarinda sebenarnya lebih panjang dibandingkan usia dari PBFC, klub yang tergolong baru karena baru lahir pada 2014 setelah sebelumnya melakukan akuisisi terhadap Perseba Super Bangkalan. Tapi, sejarah Maung Bandung setiap bermain di Samarinda tergolong buruk dan acap sulit meraih poin.

PBFC dan Persib baru satu kali bertemu di Samarinda, tepatnya di leg 1 perempatfinal Piala Presiden 2015. Kala itu, PBFC yang diperkuat sederet pemain papan atas seperti Boaz Solossa dan lainnya lewat pertandingan sengit membungkam Persib dengan skor 3-2. Tapi, Persib akhirnya lolos ke semifinal setelah di leg 2 menang 2-1 dan unggul agregat gol tandang.

Sebelum PBFC jadi penguasa Stadion Segiri, Kota Samarinda pernah memiliki klub bernama Persisam Putra Samarinda yang kini sudah merger dan ganti nama jadi Bali United. Persisam di era kompetisi ISL kerap menghadirkan kekalahan kepada Persib di Stadion Segiri.

Sejarah buruk inilah yang akhir pekan ini coba diperbaiki pasukan Maung Bandung yang kemungkinan besar masih harus menyimpan dua pemain andalannya, Zulham Zamrun dan Rachmad Hidayat, karena dibelit masalah cedera. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya