'Copa America Centenario Lebih Baik dari Piala Eropa'

Timnas Brasil merayakan gol.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Bulan Juni nanti akan ada dua gelaran prestisius sepakbola, Copa America Centenario dan Piala Eropa 2016. Kedua ajang tertinggi sepakbola Amerika Latin dan Eropa ini akan berlangsung dalam waktu yang bersamaan.

Libas Amerika, Timnas Kanada Makin Dekat dengan Piala Dunia 2022

Meski digelar dalam waktu yang lebih singkat daripada Piala Eropa 2016, Copa America Centenario diyakini mampu menyaingi gelaran paling prestisius di benua biru tersebut. Copa America Centenario akan digelar mulai tanggal 3-26 Juni 2016. Sedangkan Piala Eropa mulai berlangsung mulai 10 Juni hingga 10 Juli 2016.

Dua event ini akan jadi sorotan jutaan mata dari seluruh dunia, mengingat beberapa negara kiblat sepakbola akan ikut serta dalam dua ajang tersebut. Jerman, Italia, Inggris, Prancis, dan Spanyol, jadi unggulan di Piala Eropa 2016.

Kejutan Kanada, Kangkangi AS dan Meksiko di Kualifikasi Piala Dunia

Sementara itu, Brasil, Argentina, dan Uruguay, akan membuktikan kapasitasnya sebagai negara kuat sepakbola di ajang Copa America Centenario.

Soal gengsi dua kejuaraan dunia ini, pelatih Timnas Amerika asal Jerman, Juergen Klinsmann, punya pandangan tersendiri. Menurut eks bomber Timnas Jerman, Copa America Centenario punya kualitas yang lebih baik dari Piala Eropa.

Pemain Chelsea dan Juventus Bawa Amerika Serikat Benamkan Meksiko

"Jika Anda membandingkan Copa America dengan 16 negara dengan 24 kontestan di Piala Eropa. Saya berpikir jika ada banyak kualitas di Copa America dibanding dengan 24 tim di Piala Eropa. Karena di Eropa ada banyak tingkatan, tapi mereka membuka tingkatan hingga 24 tim," ujar Klinsmann dikutip Soccerway.

"Saya pikir 16 tim (di Copa America Centenario), enam negara dari zona CONCACAF sangat kuat, dan tentunya semua negara Amerika Selatan adalah kekuatan sepakbola. Jadi, apa yang akan Anda lihat di Copa America nanti adalah hal yang sangat spesial dan bisa bersaing dengan Piala Eropa,” jelasnya.

Amerika Serikat akan jadi tuan rumah gelaran Copa America Centenario. Timnas Amerika Serikat tergabung di Grup A bersama Kolombia, Kosta Rika, dan Paraguay. Michael Bradley cs akan memulai perjalanannya dalam laga kontra Kolombia, 3 Juni 2016 mendatang. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya