Wilmots: Saya Bukan Penyihir

Pelatih Belgia, Marc Wilmots
Sumber :
  • REUTERS/Pascal Rossignol Livepic

VIVA.co.id – Secara tak terduga, Belgia harus pulang lebih awal dari Piala Eropa 2016 setelah kalah 1-3 dari Wales di babak perempat final. Belgia kembali gagal menunjukkan performa menawan meski diisi oleh skuat yang bertabur bintang.

Romelu Lukaku Lebih Garang Ketimbang Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe

Namun, menurut pelatih Belgia, Marc Wilmots, kegagalan ini disebabkan oleh para pemain bertahan yang tampil pada laga tersebut masih kurang pengalaman. Akibatnya, mereka tampil di bawah performa dan Belgia harus menerima hasil pahit di akhir laga.

(Baca juga: Dua Pemain Muda Jadi Kambing Hitam Kekalahan Belgia)

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa: Belgia Ngamuk, Spanyol dan Portugal Menang

"Saya bukan pesulap dan Anda tidak bisa begitu saja mengganti pengalaman (yang dimiliki pemain). Kami tidak beruntung karena Vincent Kompany dan Nicolas Lombaerts sedang cedera. Kemudian kami kehilangan Jan Vertonghen saat latihan," ujar Wilmots seperti dilansir situs resmi UEFA.

"Sebelum ini, kami tidak kebobolan di tiga laga terakhir. Kami membuat kesalahan yang tidak seharusnya. Mungkin mereka grogi karena mereka masih muda, tetapi saya bertanggung jawab untuk itu," jelasnya.

8 Negara Kantongi Tiket ke EURO 2024, Ada Tim Favoritmu?

Meski tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, Wilmots masih membela diri. Dia menyebut sudah memiliki rencana permainan yang baik, namun tidak berjalan semestinya.

"Saya pikir kami sudah memiliki rencana permainan yang baik. Kami berhasil mendominasi laga saat 20-25 menit pertama, setelahnya penampilan kami menurun. Mungkin kami terlalu khawatir dengan pertahanan," ungkap pria 47 tahun.

Pemain Timnas Italia rayakan keberhasilan lolos ke EURO 2024

Hasil Drawing UEFA Nations League: Timnas Italia dan Prancis Tergabung di Grup Neraka

Timnas Italia, Timnas Belgia dan Timnas Prancis tergabung di "grup neraka", A2, Liga A UEFA Nations League musim 2024/2025. Begitulah hasil drawing di Paris.

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024