2 Suporter Tewas Ditembak, Duel Timnas Belgia Vs Swedia Dihentikan

Suasana mencekam di stadion usai insiden penembakan di Belgia
Sumber :
  • AP Photo/Geert Vanden Wijngaer

Brussels – Suasana mencekam terjadi di Stade Roi Baudouin, Brussels, tempat diselenggarakannya duel Timnas Belgia vs Timnas Swedia di Kualifikasi EURO 2024, Selasa 17 Oktober 2023. Ada insiden penembakan yang dilakukan terduga teroris di lokasi tak jauh dari stadion.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Sekitar 5 km dari stadion, terjadi penembakan yang menewaskan dua suporter Swedia. Dari video yang beredar di media sosial, muncul pria yang mengaku melakukan penembakan dan mengklaim berasal dari kelompok ISIS.

Para pemain Swedia mengatakan kepada UEFA bahwa mereka tidak ingin bermain pada babak kedua dan Belgia menyetujuinya, kata stasiun televisi Swedia TV6. Saat itu, kedudukan imbang 1-1.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'
Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

"Menyusul dugaan serangan teroris di Brussels malam ini, telah diputuskan setelah berkonsultasi dengan kedua tim dan otoritas kepolisian setempat, bahwa pertandingan kualifikasi UEFA EURO 2024 antara Belgia dan Swedia dibatalkan," demikian bunyi pernyataan di situs resmi UEFA.

Pelatih Swedia, Janne Andersson berbicara pada konferensi pers, situasi saat ini memang tak mungkin untuk melanjutkan pertandingan.

"Saat saya turun untuk istirahat, saya mendapat informasi ini. Segera, saya merasa itu sama sekali tidak nyata. Dunia seperti apa yang kita tinggali saat ini?" kata Andersson dilansir ESPN.

“Saya masuk ke ruang ganti dan ketika tim mulai berbicara, kami sepakat 100 persen bahwa kami tidak ingin bermain karena menghormati para korban dan keluarga mereka," tegasnya.

Kapten Swedia, Victor Lindeloef juga menilai penghentian laga adalah keputusan terbaik. Apalagi, Belgia sudah memastikan diri lolos ke EURO 2024 sedangkan Swedia sudah tak punya peluang.

“Belgia sudah lolos dan kami tidak memiliki peluang untuk lolos ke Piala Eropa, jadi saya tidak melihat alasan untuk bermain," ucap Lindeloef.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya