Atletico Vs Bayern: Aroma Dendam di Calderon

Selebrasi gol para pemain Atletico Madrid usai bobol gawang Bayern Munich
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Duel sengit bakal tersaji di babak penyisihan Grup D Liga Champions antara Atletico Madrid kontra Bayern Munich, Kamis 29 September 2016 dini hari WIB. Aroma dendam menjadi warna  dalam laga yang akan berlangsung di Vicente Calderon ini.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Tim raksasa asal Spanyol dan Jerman ini memang sudah bentrok di babak semifinal Liga Champions musim lalu. Dalam pertemuan pertama di Calderon, Atletico berhasil menang tipis 0-1 atas The Bavarians.

Di leg kedua yang berlangsung di Allianz-Arena, Atletico kalah 1-2 dari Bayern. Akan tetapi, tim asuhan Diego Simeone tersebut berhasil memastikan diri melaju ke babak final karena unggul agregat gol tandang dari Bayern.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Pemain Bayern, Thiago Alcantara, menegaskan timnya tidak mengusung balas dendam di laga itu. Gelandang berusia 25 tahun ini mengatakan bila Bayern hanya fokus untuk mencuri kemenangan di markas Atletico.

"Kami tidak berpikir untuk balas dendam pada kegagalan musim lalu, ini pertandingan berbeda. Ini merupakan laga penyisihan grup, jadi pertemuan ini tidak sepanas laga semifinal," kata Alcantara, seperti dilansir Four-Four Two.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

"Sangat penting bagi kami meraih kemenangan tandang, atau minimal dapat meraih poin sebisa mungkin," sambungnya.

Dalam Tren Positif

Atletico akan berhadapan dengan Bayern yang diasuh oleh Carlo Ancelotti. Masuk menggantikan peran Josep Guardiola, laju pelatih asal Italia tersebut masih cukup sempurna dengan belum terkalahkan di semua kompetisi.

Dalam lima pertandingan terakhir, Bayern mampu mencetak 14 gol dan hanya kebobolan empat gol. Walaupun performa Los Rojiblancos sendiri tak kalah baik, dengan belum terkalahkan di 6 laga La Liga.

Sejauh ini sudah 12 gol yang mampu dimasukkan ke gawang lawan oleh Atletico, dan hanya kebobolan satu gol saja kala bermain imbang 1-1 dengan Barcelona. Kondisi tersebut yang membuat Xabi Alonso menilai laga kontra Atletico akan berlangsung sulit.

“Saya selalu melihat laga melawan mereka adalah pertandingan yang sulit. Kami mengenal mereka dengan cukup baik dan mereka tidak banyak berubah dari musim lalu. Persaingan di fase grup tentu akan ketat,” ujar Alonso, seperti dilansir Marca.

 “Atletico adalah cerminan dari gaya permainan sang pelatih. Mereka sangat memercayai dirinya. Kami akan memberikan yang terbaik, tetapi mereka juga pasti akan memberikan yang terbaik,” sambungnya.

Sementara itu, Robert Lewandowski meminta Bayern berkaca dari kekalahan mereka di tempat yang sama pada tahun lalu. Saat itu, Atletico menang 1-0 pada leg pertama semifinal Liga Champions 2015-2016.

“Kami harus bermain dengan cara yang berbeda dengan pertandingan tahun lalu, dan saya berharap kami akan melakukan yang lebih baik,” kata Lewandowski seperti diberitakan Soccerway.

Lebih lanjut pemain asal Polandia itu menyoroti sisi pertahanan Atletico yang terkenal begitu kuat. Maka dari itu, Lewandowski menyebut timnya harus bisa mencetak gol.

“Atletico selalu punya pertahanan yang bagus dan sangat rapat. Ketika mereka mencetak satu gol, mereka tahu bahwa mereka bisa memenangi pertandingan karena pertahanan yang mereka punya,” ujarnya.

“Mereka selalu menjadi lawan yang bagus dan kami harus mencoba untuk mencetak gol,” sambung mantan pemain Borussia Dortmund ini.

Data dan Fakta

1.  Atletico Madrid sudah empat kali bertemu dengan Bayern Munich di kancah Eropa; mereka tak pernah mampu mencetak lebih dari satu gol.

2. Atletico hanya dua kali kalah dari 19 pertandingan di babak penyisihan grup Liga Champions, menang 14 kali dan imbang tiga kali.

3. Atletico hanya sekali kalah dari 17 pertandingan kandang yang terakhir di Liga Champions.

4. Bayern Munich menang 19 kali dari 23 laga terakhir di babak grup Liga Champions dengan catatan 13 kali clean sheet dan hanya sekali tak mampu mencetak gol.

5. Bayern Munich merasakan dua kekalahan dari empat laga tandang terakhir di Liga Champions di babak penyisihan grup.

6. Striker Atletico, Antoine Griezmann, mencetak empat gol dari lima gol kandang yang terakhir untuk Atletico di Liga Champions.

7. Bomber Bayern, Thomas Muller, mencetak 16 gol dari 19 pertandingan di Liga Champions sebagai stater.

Head to Head
04/05/16 Bayern Munich 2 - 1 Atletico Madrid
28/04/16 Atletico Madrid 1 - 0 Bayern Munich

5 Laga Terakhir Atletico Madrid
10/09/16 Celta de Vigo 0 - 4 Atlético Madrid
14/09/16 PSV 0 - 1 Atlético Madrid
17/09/16 Atlético Madrid 5 - 0 Sporting Gijón
22/09/16 Barcelona 1 - 1 Atlético Madrid
25/09/16 Atlético Madrid 1 - 0 Deportivo

5 Laga Terakhir Bayern Munich
10/09/16 Schalke 04 0 - 2 Bayern Munich
14/09/16 Bayern Munich 5 - 0 Rostov
17/09/16 Bayern Munich 3 - 1 Ingolstadt
22/09/16 Bayern Munich 3 - 0 Hertha BSC
24/09/16 Hamburger SV 0 - 1 Bayern Munich

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya