TUTUP
TUTUP
VIVABOLA

Mitra Kukar Bikin Persib Pulang dengan Kekalahan

Dua kali Persib dibobol lewat situasi bola mati.
Mitra Kukar Bikin Persib Pulang dengan Kekalahan
Pemain Mitra Kukar, Yogi Rahadian (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

VIVA.co.id – Mitra Kutai Kartanegara meraih kemenangan 2-1 atas Persib Bandung, dalam bpertandingan pekan ke-24 Torabika Soccer Championship (TSC), Minggu 16 Oktober 20167. Yogi Rahadian jadi penentu, setelah Persib dapat menyamakan kedudukan di babak kedua.

Laga berjalan ketat sejak awal, dan tampak berbeda dengan pertemuan pertama kedua tim di TSC, pada Juni lalu di mana Persib menang 2-1. Skuat Jafri Sastra sore ini tampak disiplin dalam bertahan, serta efektif dalam serangan balik, sehingga Persib tidak bisa bebas maju menyerang.

Lewat dari 15 menit, Mitra Kukar yang malah lebih percaya diri menyerang, membongkar pertahanan Persib dari sisi sayap. Strategi mereka menghasilkan peluang bagus di menit 16, namun belum sukses mencederai pasukan Djadjang Nurjaman.

Situasi bola mati yang akhirnya dimanfaatkan dengan baik oleh David Maulana. Ada enam pemain Persib di depan kotak penalti, empat di antaranya ada di depan David Maulana yang justru tidak dijaga, dan bebas saja memberikan sentuhan akhir dengan kepalanya untuk jadi gol di menit 18.

Tidak ada perubahan strategi dari Persib setelah tertinggal satu gol. Hanya tetap mengandalkan umpan panjang dan terobosan, yang bisa diantisipasi begitu mudah oleh para pemain Mitra Kukar, sehingga otomatis tak banyak ancaman yang bisa diberikan Persib.

Kesempatan terbaik Persib terjadi pada menit 40, ketika kombinasi serangan yang dibangun Haryono dan Zulham Zamrun, membuat pertahanan Mitra Kukar terbongkar. Robertino Pugliara bebas dari pengawalan, berlari bebas ke depan gawang dan tinggal memberikan satu sentuhan saja.

Namun, hal yang semestinya jadi gol mudah, tidak bisa dilakukan oleh gelandang asal Argentina itu. Tidak ada lagi gol tercipta, hingga babak pertama berakhir. Perubahan taktik dilakukan Djadjang di babak kedua, dengan langsung melakukan dua pergantian pemain pada menit 46.

Sergio Van Dijk masuk menggantikan Marcos Abel Flores, dan Febri Haryadi untuk Rachmad Hidayat. Pugliara pun bergeser kembali ke tengah, dan bermain di belakang striker membuatnya tampak bermain jauh lebih nyaman.

Pergantian yang sukses, karena tak sampai satu menit Van Dijk langsung mencetak gol penyeimbang di menit 46, skor kembali imbang 1-1. Serangan Persib tampak jauh lebih baik ketimbang babak pertama, dengan kreativitas serangan dari sayap dan tengah. Tapi, buruknya pertahanan yang kembali melukai Persib.

Yogi Rahadian yang masuk menggantikan Ronal Setmot di menit 53, mencetak gol dengan menyundul bola dari sepak pojok pada menit 67. Dua kali Persib dibobol dari situasi bola mati dalam pertandingan ini, yang memperlihatkan kelemahan Persib dalam mengantisipasi umpan-umpan silang.

DI menit 71, umpan silang dari sayap kanan, hampir kembali jadi gol sundulan Rahadian, tapi bola langsung mengarah ke posisi berdiri Natshir Fadhil. Tidak ada gol tambahan hingga laga berakhir. Mitra Kukar sukses membuat Persib Bandung pulang dengan kekalahan.

Susunan Pemain:

Mitra Kukar: Gerru Mandagi; Abdul Gamal, Joko Sidik Fitrayono, Saepulloh Maulana, Michael Orah, Bayu Pradana; Ronal Setmot (Yogi Rahadian,53), Muhammad Bahtiar, Victor Herrero Forcada, Septian David Maulana; Marlon da Silva.

Persib Bandung: Natshir Fadhil; Dias Angga Putra, Rudolof Yanto Basna, Diogo Ferreira, Hariono, Taufiq, Tony Sucipto, Rachmad Hidayat (Febri Haryadi,46), Robertino Pugliara, Zulham Malik Zamrun, Marcos Abel Flores (Sergio Van Dijk,46).

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP