Statistik Mengecewakan, PBFC Sukses Kejutkan Piala Presiden

Pemain Pusamania Borneo FC, Rifal Lastori (atas)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – Pusamania Borneo FC menjadi salah satu tim kejutan yang berhasil lolos ke delapan besar Piala Presiden 2017. Meski minim gol, posisi juara grup berhasil diamankan klub Samarinda tersebut.

Borneo FC Bawa Misi Khusus Hadapi Persija

PBFC menurunkan sejumlah pemain-pemain muda dan pendatang baru di turnamen ini. Tetapi secara mengejutkan berhasil menjadi juara Grup 4. Uniknya, hanya satu gol berhasil dicetak "Pesut Etam".

Pada dua pertandingan pertama, PBFC bermain imbang 0-0 dengan Barito Putera dan Bali United. Sebelum gol tunggal Fandhy Achmad membawa mereka rebut kemenangan mengejutkan  atas Sriwijaya FC.

PBFC Gagal Menang, Dejan Antonic Tetap Senang

Dengan hasil tersebut, PBFC mengoleksi lima poin dari tiga pertandingan. Kendati ketajaman mereka sangat tidak meyakinkan.

Berdasarkan data yang dilansir dari Labbola, PBFC hanya berhasil membuat lima tendangan ke arah gawang dan hanya satu yang berhasil masuk ke gawang lawan. Angka tersebut kalah jauh bahkan dari tim-tim yang lebih agresif.

Cerita di Balik Comeback Apik Bali United Saat Lawan PBFC

Bandingkan saja dengan Persipura Jayapura dan Persija Jakarta yang gagal lolos ke perempat final. Persipura mencetak dua gol dari 20 tendangan ke gawang, sementara Persija mencetak dua gol dari sembilan shots on goal.

Bahkan PBFC kalah secara statistik dari saingan satu grupnya yang gagal lolos, Bali United. "Serdadu Tridatu" sukses mencetak tiga gol dan mencatatkan 22 tendangan ke gawang, tetapi harus puas menduduki posisi buncit klasemen.

Yang menggembirakan, gawang PBFC sampai saat ini masih belum kebobolan, hanya Semen Padang yang memiliki catatan serupa.

Karena itu, performa PBFC tidak boleh dianggap remeh siapapun lawan mereka di perempat final nanti. Mereka bisa saja tampil mengejutkan sebagai "kuda hitam" dengan pertahanan yang solid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya