Roy Suryo Bela Sony AK

VIVAnews - Anggota Komisi Informasi Dewan Perwakilan Rakyat, Roy Suryo, membela blogger Sony AK yang digugat Sony Corp. Menurut Roy, gugatan atas domain www.sony-ak.com itu berlebihan.

"Karena Sony AK memakai nama asli & tidak berniat negatif," kata Roy secara tertulis ke VIVAnews, Sabtu 13 Maret 2010. Ketentuan ini, kata politisi Demokrat itu, ada dalam Undang-undang Informatika dan Transaksi Elektronik Bab 6 Pasal 23 ayat 1-3.

Langkah Sony Corp yang mengancam blogger asal Indonesia Sony Arianto Kurniawan untuk menghapus nama domain blognya, sebelumnya juga dinilai oleh Sekjen Mastel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi sebagai langkah yang arogan. Menurut Wigrantoro, seharusnya Sony Corporation dan pengacaranya di Indonesia berkaca pada kasus-kasus persengketaan domain di masa lalu.

"Ini bukan kasus nama domain yang pertama. Mustinya Sony dan pengacaranya belajar pada kasus sengketa nama domain seperti kasus Armani, sehingga mereka bisa siap-siap untuk kalah di pengadilan," kata dia.

Wigrantoro menjelaskan, lembaga pengatur domain internasional ICANN sejak dulu telah menetapkan aturan yang jelas untuk kasus persengketaan nama domain. Seseorang memang tidak boleh sekonyong-konyong mengambil nama domain sebuah merek yang sudah terkenal secara universal, semisal Coca Cola, atau McDonald's. Terlebih lagi, mengisi situs itu dengan konten yang sama, dengan tujuan-tujuan komersial.

Tapi, bila seseorang memiliki nama berakhiran McDonald memiliki domain yang sedikit berbeda dengan domain milik restoran internasional McDonald's, ia masih diperbolehkan Syaratnya, penggunaannya untuk keperluan pribadi, bukan komersial.

Sementara dalam kasus ini, kata Wigrantoro, blogger Sony Arianto Kurniawan sama sekali tidak melanggar hak Sony Corp, karena domain sony-ak.com yang dimilikinya sangat relevan dengan namanya.

Apalagi, blog tersebut isinya juga tidak bersinggungan secara head-to-head dengan produk-produk milik perusahaan elektronik Sony. "Oleh karenanya, ini sama sekali tidak relevan. Dari dua poin di atas saja, Sony Corp. sudah kalah," kata Wigrantoro.

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen
Ilustrasi pria marah/emosi.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Mengontrol emosi adalah kemampuan untuk mengatur, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara sehat dan sesuai dengan situasi yang dihadapi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024