Bill Gates Masih Orang Terkaya di Dunia

Bill Gates
Sumber :
  • microsoft.com

VIVAnews - Majalah ekonomi terkemuka, Forbes, kembali merilis daftar orang terkaya dunia pada tahun ini. Tahun 2014, jumlah miliarder dunia melonjak menjadi 1.645 orang dengan jumlah kekayaan total mencapai US$6,4 triliun, meningkat dari tahun lalu yang berjumlah US$5,4 triliun.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Dilansir Forbes, Selasa 4 Maret 2014, beberapa tokoh teknologi masuk dalam daftar orang terkaya dunia itu. Salah satunya, Bill Gates, yang masih bertahan di posisi puncak orang terkaya dunia. 

Bill Gates

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Jumlah kekayaan Bill Gates yang mencapai US$76 miliar membawanya ke posisi teratas pada daftar miliarder dunia tahun ini. Hingga saat ini, Gates telah menempati posisi pertama orang terkaya di dunia selama 15 tahun dari 20 tahun terakhir.

Larry Ellison

CEO Oracle, Larry Ellison, tercatat sebagai orang terkaya kedua dengan jumlah kekayaan US$48 miliar. Kekayaan pribadinya naik US$5 miliar pada tahun ini berkat kinerja bagus saham perusahaan peranti lunaknya. 

Larry Page

Di tempat ketiga berdiri CEO Google, Larry Page, dengan total kekayaan sebesar US$32,3 miliar. Kenaikan jumlah kekayaan Page ini seiring performa perusahaan mesin pencarinya yang bergerak bagus. Kekayaannya tahun ini juga berasal dari akuisisi Nest serta penjualan bisnis ponsel Motorola ke Lenovo yang mencapai US$2,9 miliar.

Jeff Bezos

Pendiri toko buku online Amazon, Jeff Bezos menempati urutan keempat dengan total kekayaan US$32 miliar. Pundi-pundi kekayaanya bertambah dari dari pembelian koran terkemuka AS, Washington Post, pada Oktober tahun lalu dengan nilai US$250 juta.

Sergey Brin

Salah satu pendiri Google, Sergey Brin juga masuk dalam jajaran orang terkaya dunia. Berkat saham Google yang naik hampir 50 persen pda pertengahan Febuari, yang turut menambah total kekayaan Brin yang mencapai US$31,8 miliar. Saat ini Brin fokus untuk mengawasi proyek Google X, yang dikenal mengembangkan inovasi teknologi canggih dan rahasia. Google Glass, Google Driveless Car merupakan inovasi divisi ini.

Mark Zuckerberg

Siapa yang tak kenal Mark Zuckerberg. Sang pendiri Facebook mengantongi kekayaan pribadi sebesar US$ 28,5 miliar. Pada Febuari lalu, saham Facebook melonjak lebih dari 130 persen, melebihi pencapaian tahun lalu. Hal ini menambah pundi-pundi harta Zuckerberg lebih dari dua kali lipat untuk periode yang sama. 

Steve Ballmer

Mantan CEO Microsoft ini memiliki kekayaan US$19,3 miliar meskipun ia sudah menyatakan mengundurkan diri dari pucuk pimpinan Microsoft sejak Agustus tahun lalu. Saat ia menjadi CEO, ia menghasilkan laba perusahaan hingga US$120 miliar. Sayangya pada perangkat mobile, Microsoft era Ballmer kalah dari Google maupun Apple. 

Michael Dell

Michael Dell mencatatkan namanya pada daftar orang terkaya dengan kekayaan US$17,5 miliar. Namun dari total hartanya itu, hanya US$4,5 miliar saja yang ditanamkan di Dell Inc. Sisanya ia tanamkan pada dua perusahaan investasinya, MSD Capital dan MSDC Management, yang memasok dana untuk real estate, perbankan, bisnis otomotif dan perusahaan energi.

Paul Allen

Pria ini merupakan pengusaha yang juga mendirikan Microsoft Corporation bersama dengan Bill Gates. Total kekayaanya mencapai US$15,9 miliar dan ia mendiversifikasi portofolionya di teknologi, media, penyimpanan energi, dan real estate. 

Azim Premji

Premji merupakan pendiri Wipro (Western India Product Limited) merupakan perusahaan multinasional teknologi informasi dan perusahaan outsourcing layanan yang bebasis di Bangalore, India. Total kekayaannya mencapai US$15,3 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya