Bold, BlackBerry Terlaris XL

VIVAnews - Sebagai salah satu mitra strategis Research In Motion (RIM), XL sebagai authorized distributor sedikit banyak telah membantu pesatnya pertumbuhan BlackBerry di tanah air. Dari total pelanggan BlackBerry yang mencapai sekitar 250 ribu di Indonesia, 90 ribu di antaranya merupakan pelanggan XL. Dari angka tersebut, 40 persennya disinyalir XL menggunakan BlackBerry Bold.

Informasi tersebut diungkapkan Handono Warih, BlackBerry and 3G Broadband Manager Enterprise & Carrier XL, pada VIVAnews usai Peluncuran XL-Mall & BlackBerry Storm XL di Dragon Fly-Graha BIP, Jakarta, 6 Juni 2009.

“Dari seluruh pelanggan BlackBerry XL, 40 persen di antaranya menggunakan Bold. Pengguna Curve mungkin sekitar 20 persen saja,” ucap Warih. “Adapun Pearl dan beberapa gabungan seri Curve 'jadul' seperti 8707 dan 8300 menguasai 40 persen sisanya,” ucap Warih, yang tak menjelaskan lebih lanjut alasannya.

Pada kesempatan yang sama, Warih juga menuturkan target yang dipatok XL belum berubah sejak VIVAnews wawancara pertengahan April lalu. “Target kami masih sama, 150.000 pelanggan BlackBerry XL pada akhir tahun. April lalu saja sudah menyentuh angka 60 ribu, tumbuh lebih dari 100 persen dibandingkan akhir 2008 yang baru mencapai 25 ribu.

Ketika itu, XL mengaku besar ARPU pengguna BlackBerry XL, menurut data terakhir, mencapai Rp 200.000 lebih. “ARPU untuk BlackBerry berbeda dengan layanan teks dan suara. Untuk BlackBerry saja, ARPU-nya bisa 200 ribuan. Kalau teks dan suara, bisa 300-400 ribu,” ungkap Warih.

“Agak sulit bila digabung. Pemakaiannya berbeda. BlackBerry sendiri, suara dan teks sendiri. Tapi, kalau mencari irisannya, mungkin ARPU pengguna BlackBerry bisa sampai 500-600 ribu,” ucapnya.

XL berencana menambah jumlah BTS HSDPA-nya. Langkah ini dimaksudkan sebagai alternatif BlackBerry Internet Service bagi pengguna perangkat BlackBerry. Sayangnya, baru BlackBerry 9000 alias Bold yang sudah didukung konektivitas HSDPA.
 
“Tahun ini, kami akan membangun 400 BTS HSDPA yang fokusnya masih di sekitar Jabodetabek. Saat ini kami memiliki 1.300 BTS 3G (Node B) dan 400 BTS HSDPA,” ucap Joy Wahyudi, Direktur Commerce XL di sela peluncuran XL Xperience Land, April lalu.

Liburan Seru dan Mewah di Kapal Pesiar Bersama Traveloka
Pria di Medan bakar rumahnya sendiri.(tangkap layar)

Video Viral Pria di Medan Bakar Rumahnya Sendiri, Ini Penjelasan Polisi

Sebuah video viral di media sosial, memperlihatkan seorang pria membakar rumahnya sendiri. Berdasarkan informasi yang diperoleh, peristiwa itu terjadi di Kota Medan Sumut

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024