Apple Bantah Bikin Aplikasi untuk Pindah ke Android

Sumber :
  • REUTERS/Chance Chan/Files

VIVA.co.id - Apple dengan cepat merespons rumor yang menyebutkan perusahaan sedang menyiapkan aplikasi yang memudahkan pengguna berbasis iOS pindah ke Android. Produsen iPhone itu dengan tegas membantah kabar tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, harian Inggris, The Telegraph, melaporkan Apple dikabarkan secara diam-diam sedang mengembangkan aplikasi yang memudahkan pengguna iPhone bisa beralih ke Android. Kabar itu disampaikan  seorang sumber senior industri mobile.

"Tidak ada kebenaran dalam rumor itu. Kami sepenuhnya fokus pada peralihan pengguna dari Android ke iPhone," tegas Juru Bicara Apple kepada BussFeed News dilansir Selasa 12 Januari 2016.

Jubir itu mengatakan aplikasi Apple yang ingin menarik pengguna Android ke iPhone justru saat ini berjalan dengan bagus.

Sebelumnya pada Oktober tahun lalu, Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook telah mengatakan ada jumlah besar pengguna Android yang beralih ke iPhone.

"Untuk pelanggan yang membeli iPhone kuartal terakhir (2015) dan mengganti ponsel pintar, ada 30 persen yang beralih dari perangkat Android," kata Cook pada tahun lalu.

Bos Apple itu mengatakan, ada beberapa pengguna yang beralih dari sistem operasi lain, tapi yang terbesar adalah pengguna Android yang beralih ke iPhone.

Rumor Apple membuat aplikasi untuk pindah ke Android dikatakan seorang sumber merupakan jawaban Apple atas tekanan operator mobile. Beberapa operator telekomunikasi besar Eropa mengeluhkan sedikitnya pelanggan yang pindah dari iPhone. Problemnya karena mereka susah untuk memindahkan data ke perangkat lain.

Dominasi iPhone di Benua Biru sudah lama menjadi perhatian otoritas Eropa. Pada 2013, Komisi Eropa sudah mengirimkan kuesioner untuk mencari informasi yang secara potensial bisa menahan laju Apple. Namun saat itu, kuesioner itu tak mendapatkan respons, operator tak ada yang berbicara dan akhirnya upaya penyelidikan itu pun dihentikan.

Di sisi lain, Apple sudah pernah punya aplikasi Move to iOS, yang bertujuan membantu pengguna Android untuk mudah mengalihkan data, kontak, foto dan lainnya ke perangkat iPhone. Tercatat Move to Android merupakan satu dari tiga aplikasi yang dibuat Apple untuk platform Android.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon
Apple.

Apple Bagi-bagi Undangan

Apple akan menggelar hajatan perdana di tahun ini yang bertema 'Let Loose' bakal digelar pada 7 Mei merilis tablet iPad Pro dan iPad Air serta Apple Pencil.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024