Taksi Online Bakal Dapatkan SIM A Umum

Ilustrasi SIM.
Sumber :
  • Krisna Wicaksono/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan pada tanggal 15-16 Agustus 2016 mendatang akan menggelar Pelayanan Keliling Uji Berkala dan Surat Izin Mengemudi A Umum yang diperuntukkan bagi angkutan umum berbasis teknologi informasi dan taksi umum.

Polisi Layani Perpanjangan SIM Gratis bagi Tenaga Medis di Wisma Atlet

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto, dalam konferensi pers mengungkapkan, pelayanan ini merupakan bentuk regulator transportasi angkutan darat, dalam meningkatkan pelayanan kepada seluruh elemen masyarakat.

"Para pengemudi yang ingin mengikuti pelayanan keliling ini, diharapkan dapat mempersiapkan persyaratan sesuai peraturan yang berlaku, sehingga pelaksanaan pengujiannya dapat berjalan lancar," ujar Pudji di Penang Bistro Jakarta, Minggu 14 Agustus 2016.

Hari Bhayangkara ke-74, 4.308 Warga Ikuti Program SIM Gratis

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hemi Pamuraharjo, menambahkan, pelaksanaan pengujian ini akan dilakukan dengan penuh tanggung jawab oleh para petugas resmi yang berwenang melakukan pengujian tersebut.

"Ini akan digelar di Monas. Waktunya, pada tanggal 15 Agustus 2016 pukul 11.00 sampai selesai untuk pengemudi angkutan umum berbasis aplikasi. Sedangkan tanggal 16 Agustus 2016 di waktu yang sama, untuk pengemudi taksi umum," katanya.

Bikin SIM Baru Wajib Ikut Kursus Mengemudi?

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan, penerapan aplikasi berbasis teknologi informasi sangat memberikan nilai positif, terutama dalam hal menciptakan lapangan pekerjaan bagi seluruh elemen masyarakat.

"Diharapkan ada kesetaraan pembinaan antara angkutan umum untuk orang di luar trayek berbasis non-online dan online," ujar dia.

Polisi menunjukkan kartu Smart SIM (Surat Izin Mengemudi)

Catat, Masa Berlaku SIM Kini Bukan Berdasar Tanggal Lahir

Masa berlaku SIM kini berdasarkan tanggal pencetakan.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2020