2015, Iklan Digital Tembus Rp4,1 Triliun

Ponsel pintar penyebab asosial
Sumber :
  • msn now

VIVAnews - Telkomsel kembali menggeber iklan digital (digital advertising) untuk menyambut perubahan tren digital di kalangan pengguna ponsel.

Perubahan itu memberikan peluang potensial bagi pemilik brand dan pelanggan seluler untuk mendapatkan informasi yang relevan.

Adrian Suherman, Head of Digital Advertising Group Telkomsel menjelaskan, potensi pertumbuhan pasar iklan digital di Indonesia bakal mengalahkan pertumbuhan pasar periklanan secara umum.

Pada tahun 2012, Adrian memaparkan, total pertumbuhan periklanan Indonesia mencapai Rp33,6 triliun, dan diprediksi menjadi Rp51,2 triliun pada tahun 2015.

Sementara pasar iklan digital Indonesia, pada periode yang sama, hanya Rp0,7 triliun, dan akan menembus Rp4,1 triliun pada 2015.

"Dengan demikian, dalam tiga tahun, pertumbuhan advertising Indonesia hanya 15 persen, sedangkan pertumbuhan digital advertising mencapai 79 persen," ungkap Adrian di The Fondry, Kawasan SCBD, Jakarta, hari ini.

Ini dikarenakan meningkatnya penetrasi ponsel pintar, pola hidup berubah, dan masuknya pemain global seperti Google.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Dalam perkembangan pasar itu, Telkomsel menawarkan layanan digital advertising yang memberikan informasi relevan kepada pelanggan dan real time melalui perangkat mereka.

"Iklan digital Telkomsel menyasar segmen pasar secara relevan, baik dari sisi siapa target, waktu, maupun lokasi," tambahnya.

Sebuah informasi iklan tertentu yang dikirimkan ke perangkat pengguna, disesuaikan dengan kebutuhan, waktu, lokasi, usia, jenis kelamin, serta tipe perangkat pengguna. "Cara baru ini bisa bantu brand mencapai target market konsumen," ujarnya.

Dalam mengirimkan pesan iklan itu, Telkomsel hanya mengolah pola aktivitas komunikasi pengguna, bukan membuka data privat mereka.

Adrian menegaskan, layanan ini berbeda dengan SMS premium, sehingga pelanggan tetap tidak dikenakan biaya. "Bahkan saat pelanggan mengklik, atau mengunduh konten iklan," tegasnya.

Saat ini, layanan iklan digital Telkomsel mencakup MMS, video, iklan berbasis lokasi, display (Off Deck Banner, Interstitial Banner, On Deck Banner, Internet Filtering Ads, Application Ads), maupun Reward (mKupon, Scratch and Win, Bonus Pulsa). (umi)

Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024