Menkominfo : Kami Tak Bisa Hanya Main Blokir Saja

Menkominfo Rudiantara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVAnews -
Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi
Menkominfo Rudiantara memastikan pemblokiran konten negatif bakal terus diberlakukan di masa kepemimpinanya. Namun, Kominfo tidak akan memberangus industri kreatif.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

"Pornografi tetap saya diblok. Tetapi, kalau industri kreatif harus didorong," ujar Rudiantara, saat ditemui di rumahnya, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selama malam, 28 Oktober 2014.
Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen


Ia menegaskan, pemblokiran dilakukan demi menjaga kepentingan nasional atas ancaman dari luar maupun dari dalam negeri, yang menyangkut pertahanan sampai budaya masyararakat Indonesia.


"Untuk kepentingan nasional, kita berani pakai tindakan afirmatif," ujarnya.


Selain pemblokiran, pria yang akrab disapa RA ini menekankan tindakan pencegahan munculnya konten negatif. Meski punya kewenangan untuk memblokir konten negatif, Kominfo tidak akan semata-mata memblokir.


"Ada cara yang diblok dari sisi teknologi, ada cara yang edukasi, yang preventif semua harus jalan. Kita
nggak
bisa main blok-blok saja, sisi edukasinya harus jalan," ujarnya.


Terkait dengan adanya kritikan seputar mekanisme pemblokiran yang selama ini dilakukan, RA melihatnya hal yang wajar saja. Ia menekankan, selama demi kepentingan nasional, mekanisme pemblokiran tetap akan dijalankan.


RA mengatakan, dalam pemblokiran, lembaganya tetap tidak akan bertindak sepihak. Kominfo bakal berkoordinasi dengan instansi lain. Termasuk, dalam hal menentukan ancaman kepentingan nasional, Kominfo juga akan berkoordinasi dengan lembaga lain. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya