YouTube Gaming Manjakan 60 Persen Gamers di Google

YouTube Gaming
Sumber :
  • YouTube Gaming

VIVA.co.id – Google mengakui bahwa komunitas gaming memberikan kontribusia yang besar bagi jumlah pengguna YouTube. Tidak heran jika kemudian Google membesut layanan baru bertajuk YouTube Gaming.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Aplikasi dan situs YouTube Gaming saat ini sudah bisa diakses oleh pengguna di Indonesia. Dengan ini, pengguna YouTube dimungkinkan untuk mengeksplor konten gaming dengan lebih mudah karena dilengkapi dengan fitur live streaming dan live chatting agar bisa berkomunikasi dengan gamer lainnya di seluruh dunia.

"Gaming adalah komunitas yang besar di YouTube, dengan ratusan juta gamer menonton konten gaming melalui YouTube setiap bulannya. Tahun ini, waktu yang mereka habiskan menonton video game di YouTube meningkat 60 persen dibanding tahun lalu," ujar Ines Cha, Head of YouTube Gaming Content & Partnerships, Asia Pacific, dalam keterangan resminya, Kamis, 7 April 2016.

7 Rahasia Google

Dijelaskan Ines, ada beberapa fitur popular yang ada di YouTube Gaming ini. Pertama adalah personalisasi yang memungkinkan pengguna mencari dan mengeksplor judul game di channel yang ada. Ines mengklaim, saat ini ada lebih dari 2.500 game di YouTube Gaming.

Fitur lainnya adalah Konten Live, atau live streaming sambil chatting dengan komunitas game di seluruh dunia. Moderasi chat dan analytics real time juga membantu kreator untuk memonitor performa mereka. Selain itu ada juga fitur komunitas yang menyiapkan event game untuk bisa disiarkan dan dilihat langsung. Event tersebut di antaranya adalah E3, Gamescom, dan PAX.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

"Yang tak kalah penting, bagi pengguna perangkat Android, aplikasi YouTube Gaming memiliki fitur Mobile Capture untuk mempermudah proses menyiarkan permainan secara langsung dari ponsel dan tablet. Kreator tidak memerlukan hardware atau software tambahan, cukup dengan mengetuk 'Go Live', menyalakan kamera depan, dan merekam commentary dengan mikrofon pada perangkat," papar Ines.

Pengguna bisa mencoba pengalaman YouTube Gaming melalui situs www.gaming.youtube atau unduh aplikasinya di perangkat Android maupun iOs.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya