Mega Bazaar Computer 2009

Tarsius, Wujud Mimpi Zyrex untuk Indonesia

VIVAnews - PT. Zyrexindo Mandiri Buana, pionir produsen PC nasional dengan merek Zyrex meluncurkan produk komputer terjangkau bagi pengguna di tanah air. PC bernama Tarsius itu merupakan komputer nettop berbasis prosesor Intel Atom.

Tarsius diambil dari nama primata mungil berukuran 10-15cm yang habitatnya di hutan-hutan Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Satwa yang juga dikenal dengan sebutan Kera Hantu ini merupakan hewan khas nusantara, sejalan dengan visi Zyrex yang bangga menyandang status sebagai PC nasional.

Untuk membuat produk PC yang terjangkau bagi sebagian besar masyarakat, Zyrex, bekerjasama dengan Intel dan vendor komponen lainnya menghadirkan PC seharga 2.999.000 rupiah.

“Cita-cita Zyrex adalah bagaimana membuat setiap keluarga memiliki satu komputer di rumah,” kata Timothy Siddik, President Director PT Zyrexindo Mandiri Buana di sela-sela konferensi pers di Jakarta, 25 Februari 2009. “Kalau generasi muda di Indonesia akrab dengan teknologi atau komputer, maka di masa depan bangsa kita tidak akan tertinggal dengan negara-negara lain,” ucapnya.

Timothy juga menyebutkan, Tarsius sejalan dengan program yang diluncurkan Zyrex yakni SK2 yang diluncurkan tahun 2008 lalu. SK2 sendiri adalah kependekan dari Satu Keluarga Satu Komputer. 

“Saya melihat bahwa Zyrex dan industri komputer tanah air harus berjuang untuk membuat komputer semurah mungkin,” kata Timothy. “Secara profit bisnis, langkah membuat produk komputer terjangkau bukan hal yang menggiurkan, tetapi ini harus dilakukan. Semua demi kemajuan generasi muda kita di masa yang akan datang,” ucapnya.

Timothy mengungkapkan bahwa menghadirkan PC yang terjangkau bagi masyarakat luas merupakan impiannya sejak ia terjun ke industri komputer sekitar 13 tahun lalu.

Sebagai sebuah komputer, Tarsius memiliki spesifikasi yang cukup untuk melakukan komputasi standar. Prosesor Intel Atom N230 berkecepatan 1,6GHz, RAM sebesar 1GB yang dapat dilipat gandakan, harddisk sebesar 160GB, grafis dan audio definisi tinggi serta DVD combo yang tersedia sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan generasi muda untuk berkenalan dengan teknologi ataupun mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Di Festival Islam Kepulauan di Belanda, Kemenag Kupas soal Penghulu Era Modern

Pengguna juga tidak perlu lagi menambahkan perangkat apapun karena dengan harga kurang dari 3 juta rupiah, Tarsius sudah dilengkapi monitor CRT 15 inci, keyboard dan mouse.

Epy Kusnandar di Jumpa Pers Teater

Tertangkap Kasus Narkoba, Epy Kusnandar Positif Ganja

Polres Metro Jakarta Barat hingga kini masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap kasus narkoba yang kembali menyeret nama Epy Kusnandar bersama dengan satu orang lain

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024