123,9 Juta PC Dikapalkan di Kuartal II

Tablet buatan Samsung dan Apple
Sumber :
  • Reuters/Jo Yong-Hak

VIVAnews - Kuartal kedua tahun ini, dunia dijejali sekitar 123,9 juta unit PC (personal computer). Angka ini menunjukkan kenaikan tiap tahun sebesar 14 persen.

Menurut riset Canalys, seperti dilansir Cellular News, Rabu 6 Agustus 2014, Apple masih mendominasi pasar dengan pangsa pasar 14 persen. Meskipun ada kenaikan 10 persen pada pengapalan komputer Mac, namun tidak berhasil menghalau laju total penurunan perusahaan sebanyak lima persen.

Lenovo memiliki kuartal yang sangat menggembirakan kali ini dengan jumlah pengapalan naik 20 persen. Pangsa pasarnya pun turut meningkat menjadi 14 persen. Selisihnya hanya 780.000 unit dibanding pengapalan produk PC Apple.

Di posisi berikutnya, ada HP dan Dell yang masing-masing menduduki posisi tiga dan empat dalam pangsa pasar PC dunia. Jika HP mengalami kenaikan 11 persen, Dell mampu menaikkan pengapalan PC-nya hingga 14 persen.

Sayangnya, pengapalan tablet di dunia turun hampir 5 persen menjadi 48,4 juta unit. Apple dan Samsung menderita penurunan ini. Apple hanya mampu mengapalkan 13,3 juta unit iPad sedangkan Samsung hanya 8,9 juta unit.

Apple dan Samsung, keduanya mampu menguasai sekitar 46 persen pasar tablet global. Pengapalan tablet di Asia Pasifik, termasuk Tiongkok, turun menjadi hanya delapan persen.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Penurunan ini, karena berkurangnya jumlah tablet yang dikapalkan oleh Apple dan Samsung. Namun di Amerika, keduanya mampu meningkatkan pengapalan tablet mereka sebanyak empat persen.

Penurunan tablet juga terjadi di kawasan Europe and Middle East Asia (EMEA) dengan kisaran 11 persen. Beberapa wilayah yang mengalami penurunan drastis adalah Eropa Timur dan bagian Tengah. Sementara itu, di Eropa Barat dan Timur Tengah dan Asia mengalami kenaikan.

"Lambatnya perkembangan inovasi di tablet merupakan masalah yang dihadapi oleh semua vendor tablet. Pasar tablet langsung masuk ke dalam posisi Notebook, karena performa dan teknologinya, terutama urusan hardware, tidak terlalu jauh berbeda," ujar analis senior Canalys, Tim Coulling.

Ditambahkan Couling, semakin besarnya layar yang diadopsi oleh smartphone ternyata juga berkontribusi pada menurunnya kebutuhan masyarakat terhadap tablet, khususnya pasar tablet 7 inci. (asp)

Eko Patrio.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Eko Patrio dan Akri Patrio datang menjenguk sang sahabat, Parto Patrio yang hingga kini masih menjalani perawatan di rumah sakit. Pada Rabu, 24 April 2024, Parto operasi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024