2015, Pengapalan Gadget Tumbuh 2,8 Persen

Pabrik Evercoss di Semarang
Sumber :
  • VIVAnews/Dwi Royanto
VIVA.co.id
Asus Klaim Posisi 2 di Pasar Smartphone Indonesia
- Perusahaan riset Gartner memprediksi adanya pertumbuhan sebesar 2,8 persen terhadap jumlah gadget yang berhasil dikapalkan tahun ini. Total unit perangkat portable itu diperkirakan mencapai 2,5 miliar unit.

Indonesia Pasar Smartphone Terbesar di Asia Tenggara

Dilansir melalui
Ini Empat Negara Pengguna Smartphone Terbesar
Cellular News , Senin 6 April 2015, laporan Gartner menunjukkan adanya penurunan pasar perangkat komputasi, baik PC maupun ultramobile, secara global. Penurunan itu mencapai 7,2 persen dibanding tahun lalu, menjadi hanya mencapai US$226 miliar tahun ini.


Penurunan itu terjadi karena perubahan nilai mata uang. Jika nilai dolar terlihat konstan, pengeluaran untuk kebutuhan perangkat komputasi akan menurun menjadi 3,1 persen saja di 2015. Namun jika terus menurun seperti saat ini maka penurunannya mencapai 7,2 persen.


Pengapalan PC global saat ini mencapai 306 juta unit pada 2015, atau sama dengan penurunan sekitar 2,4 persen dibanding 2014.


"Menurunnya daya beli PC karena adanya kemungkinan rencana kenaikan harga oleh beberapa vendor di Eropa dan wilayah lain. Mereka ingin menaikkan harga karena adanya depresiasi nilai terhadap dolar," ujar Direktur Riset Gartner, Ranjit Atwal.


Menurut Atwal, para vendor terpaksa menaikkan harga unit produknya untuk mempertahankan keuntungan yang semakin menghilang karena depresiasi dolar. Diperkirakan, dari sinilah muncul penurunan pasar PC karena para pebisnis bertahan untuk tidak membeli perangkat gadget dalam waktu dekat.


Meski PC menurun, pasar ponsel global kembali naik. Diperkirakan jumlah pengapalannya mencapai 1,9 miliar unit atau naik 3,5 persen dibanding 2015. Dari sekian banyak unit yang disebar, smartphone murah akan terus berjaya. Banyaknya peminat smartphone murah akan membuat vendor memproduksi lebih banyak. Hal ini bisa membantu vendor untuk tidak menaikkan harga produk terlalu tinggi.


Sedangkan pengapalan perangkat ultramobile, termasuk table, mencapai total 237 juta unit pada 2015, menunjukkan kenaikan 4,3 persen dibanding 2014.


"Konsumen akan terus memprioritaskan pengeluaran untuk ponsel ketimbang PC atau tablet di 2015," ujar Direktur Riset lainnya dari Gartner, Robert Cozza.![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya