Intel Siapkan Prosesor 4 Nanometer

VIVAnews - Dalam sebuah kesempatan di kantor cabang Intel di Jepang, produsen utama prosesor di dunia tersebut memperlihatkan ‘contekan’ rencana mereka di masa depan dan teknologi yang akan dihadirkan.

Produsen asal Santa Clara, California itu juga berencana mempertahankan strategi tick-tock mereka. Seperti diketahui, tick-tock berarti Intel akan menghadirkan produk dengan proses manufaktur yang lebih kecil (tick) setiap dua tahun sekali, dan diikuti oleh arsitektur prosesor terbaru (tock).

Pada roadmap yang memaparkan rencana Intel sampai tahun 2022 tersebut juga menunjukkan bahwa di tahun tersebut mereka akan siap memproduksi massal prosesor berteknologi 4 nanometer.

Saat ini kita sedang berada di fase tock dari arsitektur 45 nanometer Nehalem. Tahun depan, fase tick baru akan dimulai, menurunkan ukuran tarnsistor menjadi 32 nanometer, atau yang dikenal dengan chip Westmare. Tahun 2011, Sandy Bridge yang merupakan tock dari Westmare dirilis, kemudian diikuti oleh tick berikutnya yakni Ivy Bridge, teknologi 22 nanometer. Sampai akhirnya di tahun 2022, transistor berukuran 4 nanometer dibuat. Sebagai gambaran kecilnya teknologi tersebut, rambut manusia sendiri memiliki ketebalan 80 ribu nanometer.

Seperti VIVAnews kutip dari Hardware.info, 28 Agustus 2009, strategi tick-tock ini akan menghadapi tantangan setelah 2012. Meskipun transistor dengan teknologi 16 atau 11 nanometer secara teoritis bisa dibuat di titik ini, tetapi proses selanjutnya yakni 8 nanometer membutuhkan terobosan teknologi baru.

Selain roadmap tersebut, Intel juga menampilkan beberapa fakta seputar proses 32 nanometer, biaya produksi wafer dibandingkan dengan proses 45 nanometer serta angka-angka penjualan di kuartal kedua 2009. Intel juga menyebutkan rencana mereka untuk membangun dua fasilitas produksi baru di Asia, yakni di China dan Vietnam.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024