Mengenal 4 Perbedaan CC dan BCC Pada Email

Ilustrasi email.
Sumber :

VIVA – Setiap kali ingin mengirim surat elektronik (email), kita kerap disajikan dengan berbagai pilihan pengiriman. Selain kolom To, ada juga CC dan BCC. Walaupun tidak sering menggunakan BCC, ketimbang CC, namun ada baiknya kita ketahui lebih lanjut fungsi dari kedua format pengiriman email ini.

Lacak Nomor HP dengan 4 Cara, Terakhir Bisa Cek Tarif Tol

Dilansir melalui How to Geek, CC dan BCC digunakan untuk mengirim satu email sekaligus ke banyak orang. CC lebih banyak digunakan ketimbang BCC karena tidak banyak orang yang tahu apa fungsi BCC sesungguhnya. Padahal istilah ini sudah ada sejak lama, tepatnya sejak sistem pencetakan atau mesin ketik ditemukan.

Kala masih menggunakan mesin ketik, orang di masa lalu kerap mengandalkan kertas karbon untuk membuat salinan surat atau tulisan di kertas. Jadi mereka merekatkan dua kertas sekaligus yang di bagian tengahnya diselipkan kertas karbon berwarna hitam.

Knowing Ways to Send Large Document Size on WhatsApp Easily

CC sendiri merupakan kepanjangan dari Carbon Copy sedangkan BCC adalah Blind Carbon Copy. Baik CC maupun BCC sama-sama digunakan untuk mengirim email ke banyak orang yang ingin dimasukkan ke dalam percakapan email.

Kami rangkumkan beberapa perbedaan mendasar terkait CC dan BCC ini, dari berbagai sumber.

Kirim Dokumen Ukuran Besar di WhatsApp Ternyata Mudah


1. Arti CC dan BCC
CC dan BCC digunakan untuk menambahkan nama penerima email. Posisinya sebagai pengganda surat. Zaman dahulu istilahnya adalah tembusan, sehingga tak perlu mengirimkan email berkali-kali ke tiap orang yang berbeda.

2. Beda penerima
Nama penerima di kolom CC bisa memantau lalu lintas email tersebut. Artinya, semua pihak yang di CC bisa melihat balasan-balasan email, bahkan bisa membalas email. Sedangkan penerima pada BCC hanya bisa melihat email yang dikirim pertama kali.

3. Nama tak terlihat
Jika nama penerima email di CC bisa terlihat jelas, tidak demikian dengan BCC. Nama penerima email pada kolom BCC pun tidak bisa dilihat oleh penerima email lainnya, makanya BCC tidak bisa mengikuti balasan-balasan email yang masuk. Artinya, nama-nama penerima di kolom BCC disembunyikan.

4. Hanya untuk BCC
Namun begitu, penerima di kolom BCC bisa melihat alamat penerima email di kolom To dan CC. Walaupun si BCC tidak bisa melihat alamat email mereka sendiri di kolom BCC. BCC juga berguna untuk mengirim email ke

Ingat, jika sudah menggunakan BCC, jangan letakkan semua alamat email di BCC ke dalam kolom CC. Ini akan mencegah tereksposnya alamat penerima email lainnya yang kadung disembunyikan di BCC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya