Google Akan Hapus Gmail yang Tidak Aktif, Catat Tanggalnya

Ilustrasi Gmail.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Google dijadwalkan akan menghapus kumpulan akun Google Mail atau Gmail yang tidak aktif sebagai inisiatif keamanan siber yang mulai berlaku pada 1 Desember 2023.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Akun apa pun yang tidak disentuh selama dua tahun dapat dihapus, termasuk aplikasi Google Workspace milik pengguna seperti Drive, Dokumen, dan Foto.

Alasan Google karena akun lama rentan terhadap peretasan, “Karena akun yang terlupa atau tidak dijaga sering kali mengandalkan kata sandi lama atau kata sandi yang digunakan kembali yang mungkin telah disusupi, belum menyiapkan autentikasi dua faktor, dan menerima lebih sedikit pemeriksaan keamanan oleh pengguna,” kata Wakil Presiden Manajemen Produk Ruth Kricheli menulis dalam postingan blog raksasa online pada bulan Mei, menambahkan bahwa perusahaan telah “berinvestasi dalam teknologi dan alat untuk melindungi pengguna kami dari ancaman keamanan, seperti spam, penipuan phishing, dan pembajakan akun,” melansir New York Post, Selasa, 14 November 2023.

7 Rahasia Google

Gmail

Photo :
  • pixabay
Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Kebijakan yang diperbarui hanya berdampak pada akun pribadi dan akan memberikan kekebalan bagi akun milik sekolah atau bisnis, menurut Kricheli, yang mengumumkan langkah tersebut pada bulan Mei.

Banyak pemberitahuan telah dikirim ke akun yang tidak aktif dan email pemulihan berikutnya sejak saat itu. Yang pertama menjadi sasaran adalah yang “dibuat dan tidak pernah digunakan lagi”.

Bagi pengguna yang khawatir akan dihapus, Kricheli menyarankan bahwa cara paling sederhana untuk menjaga Akun Google tetap aktif adalah dengan masuk setidaknya sekali setiap dua tahun. “Jika Anda baru saja masuk ke Akun Google atau salah satu layanan kami, akun Anda dianggap aktif dan tidak akan dihapus.”

Ilustrasi Gmail.

Photo :
  • Getty Images

Tindakan termasuk membaca atau mengirim email, menggunakan Google Drive, menonton video YouTube, mengunduh aplikasi di Google Play Store, menggunakan Google untuk masuk ke layanan pihak ketiga atau sekadar menggunakan Google Penelusuran, semuanya dihitung sebagai aktivitas, menurut Kricheli.

Pengguna harus masuk ke Google Foto secara khusus secara terpisah untuk menyimpan gambar mereka. “Jika Anda sudah menyiapkan langganan melalui Akun Google Anda, misalnya ke Google One, publikasi berita, atau aplikasi, kami juga mempertimbangkan aktivitas akun ini dan akun Anda tidak akan terpengaruh,” tambah VP.

“Selain itu, kami tidak memiliki rencana untuk menghapus akun dengan video YouTube saat ini,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya