Dapat Email Ancaman Bom di 6 Gedung DPR AS, FBI Turun Tangan

Gedung DPR Amerika Serikat (AS), Capitol Hill.
Sumber :
  • Pixabay.

Washington – Para penghuni gedung DPR di enam negara bagian Amerika Serikat (AS) dievakuasi, pada Rabu, 3 Januari 2024, setelah menjadi sasaran ancaman bom.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Seorang juru bicara Menteri Luar Negeri AS mengatakan ancaman itu datang melalui email massal yang dikirim ke beberapa kantor negara di seluruh AS.

BBC telah meninjau email tersebut, yang menargetkan setidaknya 24 gedung pemerintahan negara bagian dan tampaknya menyebabkan banyak gedung negara bagian lain ditutup pada awal sesi legislatif baru.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Ilustrasi bom.

Photo :
  • Pixabay.

Dilansir dari BBC Internasional, Kamis, 4 Januari 2024, meski ada ancaman melalui Email, namum FBI tidak menemukan adanya bom dan mereka sedang menyelidikinya.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Email ancaman tersebut mengklaim bahwa berbagai bahan peledak telah tersembunyi dengan baik di dalam gedung-gedung pemerintah negara bagian AS.

Dikatakan juga bahwa bom tersebut akan meledak dalam beberapa jam. Pengirim juga berjanji bahwa banyak orang akan terbunuh.

FBI mengatakan bahwa pihaknya sedang menyelidiki ancaman bom tersebut, namun tidak memiliki informasi yang menunjukkan ancaman spesifik dan kredibel.

"FBI menanggapi ancaman hoaks dengan sangat serius, karena hal ini membahayakan orang yang tidak bersalah,” kata lembaga penegak hukum tersebut.

Ancaman itu disampaikan pada awal atau menjelang sesi legislatif baru, yang membuat banyak anggota parlemen negara bagian kembali ke kantor negara bagian mereka.

Gubernur Kentucky, Andy Beshear, memposting melalui akun X-nya, bahwa Polisi Negara Bagian Kentucky telah mengevakuasi gedung DPR negara bagian setelah ancaman bom dikirimkan ke kantor sekretaris negara bagian.

Dia menambahkan bahwa semua orang selamat, dan kantornya menyadari ancaman serupa yang dilakukan terhadap kantor-kantor lain di seluruh negeri.

VIVA Militer: Personel Biro Investigasi Federal AS (FBI)

Photo :
  • The Intercept

Polisi juga telah membersihkan gedung tersebut dalam waktu kurang dari tiga jam sebelum menyatakan bahwa gedung tersebut aman bagi para pejabat untuk kembali.

Anggota parlemen Kentucky baru saja memulai sesi legislatif 60 hari mereka pada Selasa, 2 Januari 2024.

Gabriel Sterling, juru bicara Menteri Luar Negeri Georgia, menulis di akun X bahwa dia menyadari ancaman yang dilakukan terhadap gedung-gedung negara bagian di seluruh AS.

“Jangan langsung mengambil kesimpulan siapa yang bertanggung jawab,” ujarnya.

“Akan ada agen kekacauan yang menyebarkan perselisihan pada tahun 2024. Mereka ingin meningkatkan ketegangan. Jangan biarkan mereka,” tambah Sterling.

Negara bagian lain, termasuk Wyoming, Oklahoma, Nebraska, Missouri dan Maryland juga menerima ancaman serupa, tetapi tidak menutupnya.

Namun, hal ini bukan satu-satunya ancaman yang dihadapi masyarakat AS akhir-akhir ini.

Selama liburan, banyak pejabat menjadi sasaran panggilan “swatting” di rumah mereka. Panggilan lelucon ke layanan darurat tersebut menuduh adanya krisis, seperti penembak aktif atau situasi penyanderaan, yang memaksa tim Swat dikerahkan.

Anggota Kongres juga menghadapi tuntutan keras sebelum Natal. Miliarder George Soros dan Jaksa Agung Texas Ken Paxton menjadi sasaran dalam beberapa hari terakhir.

Menteri Luar Negeri Maine, Shenna Bellows, mengalami insiden pemukulan, setelah dia memutuskan bahwa Donald Trump tidak memenuhi syarat untuk tampil dalam surat suara pemilu negara bagian.

Beberapa negara bagian AS baru-baru ini meningkatkan hukuman atas terjadinya gangguan semacam ini, dan anggota parlemen di negara bagian lain sedang mempertimbangkan undang-undang yang dapat melakukan hal yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya