5 Fakta Rudal Hipersonik Kinzhal Rusia, Bisa Bawa Hulu Ledak Nuklir Mematikan

VIVA Militer: Jet tempur Tupolev Tu-22 menjatuhkan rudal hipersonik Kinzhal
Sumber :
  • news18.com

Moskow – Pasukan Rusia menembakkan rudal hipersonik Kinzhal kebanggaan Moskow ke Ukraina menggunakan pesawat pengebom tempur Su-34 untuk pertama kalinya, menurut media pemerintah Rusia TASS.

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

Kinzhal milik Rusia juga dikenal sebagai rudal hipersonik "Dagger" atau "Killjoy" dengan cepat menjadi fitur rutin serangan rudal Rusia terhadap Ukraina tak lama setelah Kremlin melancarkan invasi skala penuh ke Ukraina. Nah, berikut deretan fakta Rudal Hipersonik Kinzhal:

VIVA Militer: Jet tempur Rusia, MiG-31K, membawa rudal nuklir Kh-47M2 Kinzhal

Photo :
  • rt.com
Menlu Ukraina sebut Putin ‘Hewan Politik’ yang Bisa Merasakan Rasa Takut

1. Bisa Bawa Hulu Ledak Nuklir

Kinzhal adalah rudal balistik yang diluncurkan dari udara yang mampu membawa hulu ledak nuklir atau konvensional. Dilaporkan memiliki jangkauan 1.500 hingga 2.000 km (930 hingga 1.240 mil) sambil membawa muatan 480 kg.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Kecepatannya bisa mencapai Mach 10 (12.250 kpj). Kecepatan dan kemampuan rudal tersebut untuk bermanuver menuju sasaran membuat mereka sangat sulit dilacak dan ditembak jatuh.

2. Hanya Targetkan Tempat Khusus

James Bosbotinis, seorang spesialis pertahanan dan urusan internasional yang berbasis di Inggris, menjelaskan:

“Rudal hipersonik menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan senjata subsonik dan supersonik, khususnya dalam kaitannya dengan target yang kritis terhadap waktu, misalnya peluncur rudal balistik bergerak, di mana kecepatan tambahan senjata hipersonik sangatlah berharga."

“Hal ini juga dapat mengatasi pertahanan target yang sangat dipertahankan, seperti kapal induk. Pengembangan dan penyebaran sistem senjata hipersonik akan memberi negara-negara kemampuan serangan yang ditingkatkan secara signifikan dan, berpotensi, sarana untuk melakukan kekerasan. Hal ini khususnya akan terjadi ketika kekuatan regional utama, seperti Rusia, mungkin berusaha memaksa negara tetangganya, dengan memanfaatkan ancaman serangan hipersonik terhadap sasaran-sasaran penting," kata Bosbotinis, dilansir Inews.co.uk

“Dengan demikian, penyebaran kemampuan hipersonik ke negara-negara regional juga dapat mengganggu stabilitas dan mengganggu keseimbangan kekuatan lokal.”

3. Salah Satu Misil yang Sudah Disebut Putin

VIVA Militer: Jet tempur Rusia, MiG-31K, membawa rudal nuklir Kh-47M2 Kinzhal

Photo :
  • pond5.com

Kinzhal adalah salah satu dari enam senjata "generasi berikutnya" yang diungkapkan oleh Presiden Vladimir Putin dalam pidatonya pada bulan Maret 2018. Ia mengatakan senjata-senjata ini dapat menembus sistem pertahanan rudal yang sudah ada dan yang akan datang.

Putin mengatakan pada bulan Desember 2021, dua bulan sebelum invasi ke Ukraina, bahwa Rusia adalah pemimpin global dalam rudal hipersonik dan, ketika negara-negara lain menyusul, kemungkinan besar sudah mengembangkan teknologi untuk melawan senjata-senjata baru ini.

“Dalam perkembangan maju kami, kami pasti yang menjadi pemimpin,” katanya.

4. Digunakan dalam Perang Suriah dan Ukraina

Rusia mengirim jet tempur yang dipersenjatai rudal Kinzhal ke Suriah untuk pertama kalinya pada tahun 2021. Kementerian pertahanan Rusia mengklaim telah menembakkan rudal Kinzhal ke tempat pembuangan amunisi di barat daya Ukraina pada 19 Maret 2022, penggunaan senjata tersebut yang pertama kali diketahui dalam pertempuran.

Sejak itu, mereka telah menembakkan rudal Kinzhal pada beberapa kesempatan lain di Ukraina.

 Pada tanggal 6 Mei 2023, Ukraina untuk pertama kalinya mengatakan bahwa mereka telah menembak jatuh Kinzhal, menggunakan sistem Patriot. Tidak jelas apakah sistem “Barat” yang Kyiv katakan digunakan melawan Kinzhal pada hari Selasa juga merupakan sistem Patriot.

5. Sulit Dicegat Sistem Pertahanan Udara

VIVA Militer: Jet tempur Rusia, MiG-31K, membawa rudal nuklir Kh-47M2 Kinzhal

Photo :
  • forbes.com

Menurut Sidharth Kaushal, peneliti di Royal United Services Institute, sebuah lembaga risetpertahanan dan keamanan di London, rudal tersebut sulit dicegat karena ketinggiannya yang berkisar antara 30 hingga 40 km di atas permukaan tanah.

Karena ketinggiannya, Kinzhal beroperasi di luar jangkauan banyak pencegat pertahanan udara tingkat rendah, namun tetap berada dalam kisaran ketinggian yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem pertahanan rudal balistik yang beroperasi pada ketinggian yang jauh lebih tinggi.

“Kecepatan Kinzhal berkurang saat turun sehingga ada peluang kecil untuk mencegatnya. Sebuah rudal ditembakkan dari Patriot untuk menemuinya dan dalam perjalanannya meledak, menciptakan penghalang pecahan bahan peledak yang akan dilalui Kinzhal, yang menyebabkan kehancurannya,” jelas Marina Miron dari departemen studi pertahanan King’s College London, menjelaskan caranya rudal tersebut bisa dicegat.

Kaushal melanjutkan, seperti dilansir CBC, tantangan dalam mencegat rudal tidak berakhir di situ. Ketika Kinzhal berada dalam fase terminal dan turun dengan cepat menuju sasaran, rudal melepaskan enam umpan yang meniru tanda radar dari hulu ledak itu sendiri.

“Jika sistem pertahanan udara di darat menembakkan pencegat, pada prinsipnya, hal itu mungkin menghilangkan umpan, bukan hulu ledak yang sebenarnya mereka tuju,” kata Kaushal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya