Cegah Klaim Negara Lain, 150 Budaya Tak Benda Disertifikasi

Penyerahan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

VIVA.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan 150 sertifikat warisan budaya tak benda Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya perlindungan dan pelestarian karya budaya tak benda yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Papeda, Makanan Khas Maluku dan Papua Hiasi Tampilan Google Doodle Hari Ini

"Ini langkah konkret perlindungan warisan budaya. Sehingga diharapkan ke depannya tidak ada lagi kejadian terulang seperti yang terjadi beberapa waktu lalu," ujar Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid, dalam acara Perayaan dan Penyerahan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2017 di Gedung Kesenian Jakarta, Rabu, 4 Oktober 2017.

Berikut daftar warisan budaya tak benda tahun 2017:

Sejarah dan Asal Usul Batik, Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia

Landok Sampot (seni pertunjukan), Payung Mesikhat (kemahiran dan kerajinan tradisional), Gendreng Sisibah (seni pertunjukan), Baebae (kemahiran dan kerajinan tradisional), Randai (seni pertunjukan).
 
Tari Kejai (seni pertunjukan), Tari Penguton (seni pertunjukan), Tari Elang (seni pertunjukan), Gangan (kemahiran dan kerajinan tradisional), Tari Inai (seni pertunjukan), Batobo (tradisi dan ekspresi lisan).

Bediom (adat istiadat masyarakat), Golok Sulangkar (kemahiran dan kerajinan tradisional), Kebaya Kerancang (kemahiran dan kerajinan tradisional), Iket Sunda (kemahiran dan kerajinan tradisional), Montro (seni pertunjukan).

Ajak Pakai Tenun dan Batik, Anindya Bakrie: Kita Mesti Bangga

Tempe Jawa Tengah (kemahiran dan kerajinan tradisional), Sandhur Manduro (seni pertunjukan), Tari Pinggang Semadau (seni pertunjukan), Kuda Gipang (seni pertunjukan), Jatung Utang (seni pertunjukan), Lalatip (seni pertunjukan), Betutu (kemahiran dan kerajinan tradisional). (ase)

Ilustrasi racikan jamu.

UNESCO Tetapkan Jamu Indonesia Sebagai Warisan Budaya Dunia

Jamu, yang terkenal dengan manfaat kesehatannya, telah menjadi simbol dari "budaya sehat jamu", sebuah praktek holistik dalam menjaga kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023