5 Fakta Menarik Arak Bali, Salah Satu Souvenir KTT G20

arak bali g20
Sumber :
  • Antara

VIVA Kuliner – Arak Bali menjadi salah satu minuman Indonesia yang menjadi oleh-oleh KTT G20 di Nusa Dua Bali. Mengutip Antara, arak Bali yang disajikan di konferensi ini diproduksi langsung dari petani lokal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Karangasem.

Mengenal Mepamit, Tradisi Pamitan dalam Prosesi Adat Bali yang Dilakukan Mahalini dan Rizky Febian

Arak ini dibuat dari bahan lontar dan kelapa lalu dicampur dengan rempah, madu dan buah-buahan untuk menghasilkan varian rasa. Souvenir Arak Bali G20 ini dihadirkan dalam lima rasa yaitu manggis, kopi, beri, original, dan ameritha (murni).

arak bali g20

Photo :
  • Antara
Mahalini Raharja Minta Izin Keluarga untuk Hidup Bareng Rizky Febian

Selain itu, ada deretan fakta menari Arak Bali, Berikut deretan fakta menarik yang VIVA langsir dari berbagai sumber.

1. Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Menikah Hari Ini, Intip Suasana Kediaman Mahalini yang Penuh Dekorasi Khas Bali

arak bali g20

Photo :
  • Antara

Arak Bali telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda atau WBTB oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 414/P/2022 tentang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2022.

Selain itu, tujuan pemerintah Provinsi Bali menetapkan arak Bali sebagai WBTB ini adalah untuk melindungi para produsen arak Bali. Karena itu pemerintah daerah membuat Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan Destilasi Khas Bali.

2. Khasiat Arak Bali

arak bali g20

Photo :
  • Antara

Arak Bali menjadi suvenir dalam rangkaian KTT G20 pada Agustus 2022. Dikutip dari antaranews.com, perajin arak Bali yang terpilih masuk dalam side event G20 adalah milik produsen asal Denpasar, Ida Ayu Puspa Eny.

Faktanya, ia telah meracik arak Bali sejak 2008 silam. Kini, arak Bali hasil produksinya dengan nama Iwak Arumery. Arak buatannya dijamin bahan berkualitas tinggi dengan campuran beragam jenis buah-buahan juga arak murni. Ia mengakui dagangannya telah bersertifikat BPOM sehingga membuat arak buatannya aman dikonsumsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya