Bahaya Stunting Sebabkan Kognitif Anak Tak Berkembang

Ilustrasi anak-anak.
Sumber :
  • pixabay/Kadie

VIVA – Menjaga tumbuh kembang anak di usia sebelum mencapai 2 tahun merupakan hal yang krusial. Banyak faktor yang berperan terhadap masa tumbuh kembang anak yang perlu diketahui para orangtua.

Atasi Stunting, Nakes dan Kader Posyandu Dapat Modul Belajar Online Soal Gizi dan Kesehatan

Masalah saat tumbuh kembang anak biasanya mencakup kekurangan nutrisi yang berdampak pada stunting. Tak sedikit orangtua yang kebingungan meraih peluang anak yang mengalami stunting untuk dapat mengejar ketertinggalan perkembangannya.

"Kita harus fokus pada remaja, calon ibu, ibu hamil dan anak hingga ia berusia dua tahun, karena fase tersebut merupakan masa emas perkembangan otak anak," ujar Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr. Kirana Pritasari, MQIH, dikutip dari rilis kemenkes RI, Kamis 5 Juli 2018.

23 Anak di Kampung Asei Besar Papua Ditemukan Menderita Stunting

Berbicara tumbuh kembang anak, bukan hanya berbicara menambah berat dan tinggi badan anak saja. Faktor pola pengasuhan, lingkungan dan stimulasi juga memengaruhi pencapaiannya.

"Tinggi badan itu hanya salah satu. Yang lebih utama adalah kognitif, hal ini menjadi risiko yang paling berat untuk stunting, kalau terlambat, itu yang berbahaya," ungkapnya.

Sarapan Jadi Salah Satu Kunci Penting Mencegah Anak Stunting

Menurutnya, penampilan secara tinggi badan bisa diperbaiki dengan banyak cara. Namun, tidak sama halnya saat perkembangan otak anak tak lagi mampu berkembang.

"Kalau tinggi badan, itu hanya performance (penampilan). Sementara kalau kognitif, ini menyangkut daya saing dengan global, ini yang dikaitkan dengan produktifitas, pembangunan dan ekonomi negara," ujarnya.

Mencegah stunting.

20 Negara dengan Tingkat Stunting Tertinggi di Dunia, Indonesia Bersyukur

Negara-negara di Asia yang memiliki tingkat stunting tertinggi menarik perhatian. Pada 2016, masalah kekurangan gizi seperti stunting, wasting, dan underweight.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024