Bunda, Ini Cara Menyikapi Anak Pemalu

Ilustrasi anak pemalu
Sumber :
  • pixabay/Miguel L Perez

VIVA.co.id – Apakah buah hati Anda sering menolak berbicara pada orang baru atau kesulitan bergaul dan menjalin pertemanan dengan temannya di sekolah? Jika Anda merasa demikian, itu artinya buah hati Anda memiliki sifat pemalu.

Disdik DKI Rencana Bangun 142 Lembaga PAUD Tahun Ini

Sifat pemalu pada anak memang berdampak pada perkembangan psikologinya. Saat dewasa, sifat pemalu ini akan menjadi penghambat dalam kehidupan sehari-harinya, misalnya jadi sulit bergaul, menjalin relasi atau yang terburuk dari sifat pemalu ini akan berdampak pada rasa percaya diri yang menurun.

Meski demikian, yang perlu Anda perlu sadari bahwa sifat pemalu bukanlah sifat negatif pada anak. Namun hanya bagian dari karakter buah hati Anda. Belajar menerima dan mencintai buah hati Anda bagaimanapun sifatnya adalah hal yang penting dilakukan.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini untuk Bentuk Kecerdasan Si Kecil

Selain itu, yang tidak kalah penting bagi para orangtua adalah mengenali sifat pemalu buah hatinya untuk membantunya bersosialisasi jika dibutuhkan. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu si kecil. Seperti dikutip dari laman Boldsky.

Tips 1

Sekolahkan Anak Usia Dini Jangan Asal, Ini Tips Pilih PAUD

Saat menghadapi anak pemalu, cobalah perlahan pahami apa yang ada di dalam pikirannya dan berikan dia waktu untuk merasa terbiasa dengan orang dan hal-hal baru di sekitarnya.

Tips 2

Bangun kepercayaan dirinya dengan menghargai setiap karyanya dan buatlah buah hati Anda merasa dicintai. Seringkali kurangnya rasa percaya diri membuat anak menjadi pemalu.

Tips 3

Ajari mereka bagaimana menghadapi teman sebayanya dan berikan mereka saran-saran sederhana mengenai bagaimana mendekati orang baru dan berteman.

Tips 4

Jangan paksa buah hati Anda untuk keluar dari 'cangkang'nya dan menjadi lebih ramah dengan cepat. Jika Anda terlalu memaksa mereka, buah hati Anda akan lebih menarik diri.

Tips 5

Jangan minta mereka melakukan sesuatu yang tidak nyaman bagi mereka. Misalnya, jangan memaksa anak pemalu untuk bernyanyi atau menari di depan sekelompok orang jika buah hati Anda merasa tidak nyaman. Hal itu hanya akan membuatnya merasa depresi dan cemas.

Tips 6

Anda bisa membuat kelompok bermain atau belajar di rumah dengan mengundang beberapa anak. Anak Anda akan merasa lebih nyaman bergaul dengan orang jika berada di rumah.

Tips 7

Berempatilah dengan rasa pemalu buah hati Anda. Katakan padanya kalau merasa malu itu hal yang wajar dan bisa terjadi juga pada orang dewasa dan itu bukanlah sebuah kesalahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya