Pentingnya Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Bayi

Ilustrasi gigi balita
Sumber :
  • pixabay/mojpe

VIVA.co.id – Membersihkan gigi dan mulut setelah makan penting untuk dilakukan, tidak hanya pada orang dewasa tapi mulai dari anak-anak bahkan bayi sekalipun. Dokter gigi anak DR. drg. Eva Fauziah, SpKGA mengatakan, pada bayi yang harus lebih memperhatikan kebersihan mulutnya adalah sang ibu.

Jangan Pernah Cium Bayi di Bagian Bibir, Bahaya Banget

"Bayi yang masih ASI atau minum susu menggunakan botol harus dibersihkan pakai kasa. Atau bisa menggunakan sikat finger brush lalu dibersihkan. Dikasih air hangat, jangan pakai odol," kata Eva kepada awak media di kawasan Dharmawangsa, Jakarta, kemarin.

Jika buah hati sudah mulai tumbuh gigi atau usia enam bulan, giginya harus dibersihkan juga. Sehingga sejak dini mereka sudah mengetahui tahap pembersihan mulut dan gigi.

Cuka Pempek Picu Kerusakan Gigi, Benarkah?

"Setiap ada bekas susu menempel harus dibersihkan. Jangan sampai dibiarkan jadi akhirnya timbul plak. Begitu juga habis minum susu malam hari," ujar Eva.

Eva juga berbagi cerita mengenai bagaimana menjaga kebersihan mulut buah hatinya setelah minum susu.

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

"Anak pertama saya tidak kenal dot jadi minum susu pakai sendok. Anak kedua kenal dot tapi setelah minum susu pakai dot, saya kasih minum air putih di dot. Habis minum susu langsung minum air putih. Jadi pembersihan pakai air putih," kata Eva.

Untuk bayi yang masih dalam tahap ASI (air susu ibu) eksklusif dan belum minum air putih, Eva menyarankan agar selalu membersihkan mulutnya menggunakan kain kasa.

"Karena kalau makin lama, makin nempel, akhirnya jadi jamur. Jadi memang benar-benar harus sejak dini," ujar Eva.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya