Ramuan Tradisional Ini Ampuh Meningkatkan Nafsu Makan

Ilustrasi Temulawak
Sumber :
  • Pixabay/ SoFuego

VIVA.co.id – Temulawak sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak kandungan manfaat. Untuk dunia kesehatan, temulawak sudah seing digunakan sebagai obat diare, maag, obat kembung dan tentunya penambah nafsu makan. Maka tak heran, banyak orangtua memberikan temulawak untuk anak yang susah makan.

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Ada 2 Jenis Rimpang yang Dibenci Jin, Apa Saja?

Kandungan tumbuhan dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza, dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan hormon yang memicu hasrat untuk makan.

Hal ini seperti diungkapkan oleh dr. Efiyanti, Tim Research and Development dari Jamu Sido Muncul, saat ditemui VIVA.co.id, di Sentra Jamu Indonesia, Kebon Jeruk, Jakarta Barat beberapa waktu lalu.

Angka Penyakit Hati Meningkat, Temulawak Bisa Perbaiki Hingga Cegah Kerusakannya

Menurutnya kandungan aktif kurkumin, germakron dan xanthorrhizol yang ada pada temulawak inilah yang dipercaya membawa banyak manfaat untuk tubuh.

"Iya, biasanya untuk menggemukkan tubuh itu dengan temulawak, karena temulawak itu memiliki zat yang memicu meningkatkan hormon penambah nafsu makan," katanya.

Ragam Manfaat Temulawak, Turunkan Kadar Gula Darah hingga Atasi Stres

Ia juga menjelaskan, bahwa kandungan minyak atsiri yang terkandung dalam temulawak inilah yang menjadikan temulawak banyak dicari oleh orang yang ingin menambah berat badan. Selain itu, temulawak juga berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Untuk mengkonsumsi temulawak agar lebih nikmat disantap, dr Efiyanti juga menyarankan agar temulawak disajikan dengan gula merah atau gula batu. "Bisa diseduh dengan gula batu, atau gula merah," jelasnya.

Ilustrasi ramuan herbal

Musim Hujan Bikin Gampang Sakit, Ramuan Herbal Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Mencegah penurunan daya tahan tubuh, sangat disarankan untuk meminum ramuan herbal secara rutin. Bahan-bahan herbal seperti temulawak, jahe, dan kunyit bisa dimanfaatkan.

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2024