Ragam Manfaat Temulawak, Turunkan Kadar Gula Darah hingga Atasi Stres

Ilustrasi Temulawak
Sumber :
  • Pixabay/ SoFuego

JAKARTA – Temulawak menjadi salah satu tanaman herbal yang sudah akrab dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan selama pandemi COVID-19 banyak orang ramai-ramai menggunakan temulawak untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Seperti diketahui, temulawak mengandung kurkumin yang dapat membantu memelihara sistem imunitas. Selain itu, ada berbagai manfaat lainnya dari temulawak yang jarang diketahui orang banyak. Apa saja? Berikut ini rangkumannya dari berbagai sumber.

Temulawak.

Photo :
  • inmagine
5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Jaga sistem pencernaan

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania, Msi pada 2020 lalu mengungkap bahwa  temulawak bisa membantu memelihara pencernaan dan gangguan pencernaan. Selain itu juga, temulawak merupakan golongan herbal adaptogen yang dapat menyeimbangkan kondisi dalam tubuh.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Anti kanker

Kandungan Curcuma xanthorrhiza yang ada di dalam temulawak juga dapat mencegah, mengendalikan atau membunuh beberpaa jenis kanker. Seperti kanker payudara, kanker usus besar dan prostat. Kandungan curcuma tersebut bekerja dengan menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang menjadi penyunbur sel kanker. 

Turunkan kadar gula darah

dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil. Manfaat temulawak ini berasal dari efek antioksidan dan antiradang yang dapat menekan stres oksidatif dan peradangan. Temulawak juga diketahui dapat meningkatkan efektivitas insulin dalam mengontrol gula darah.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Mikhail Nilov

Jaga fungsi hati

Dalam program Hidup Sehat TvOne pada 2021 lalu, ahli herbal dr.Muthoharrah,M.S menyebut bahwa temulawak dapat menjaga atau melindungi fungsi hati. Sebab temulawak memiliki efek  hepatoprotektor.

Atasi Infeksi

Kandungan xanthorrhizol dan kurkuminoid yang ada di temulawak diketahui berfungsi sebagai antimikroba. Berbagai riset menyebutkan bahwa ekstrak temulawak dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seperti  bakteri Salmonella dan E.coli.

Atasi stres

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania, Msi pada 2020 lalu juga menyebut bahwa emulawak merupakan golongan herbal adaptogen yang dapat menyeimbangkan kondisi dalam tubuh.

"Adaptogen ibarat mini series vaksin terhadap stress fisik lingkungan termasuk stres selama pandemi. Adaptogen ini menstimulasi tubuh untuk menanggulangi  stres karena terlalu lelah kerja, stress lingkungan bertebarannya virus di lingkungan bentuk stres terhadap tubuh, temulawak ibaratnya ginseng," jelas dia dalam virtual conference kala itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya