Kasus Cacar Monyet Terus Meningkat, Menkes Siapkan Vaksin Bagi Kelompok Tertentu

Monkeypox atau cacar monyet
Sumber :
  • crosstimbersgazette

TANGERANG – Kementerian Kesehatan mencatat bila kasus cacar monyet atau monkey pox (Mpox) terus mengalami peningkatan. Tercatat, hingga saat ini sebanyak 34 kasus Mpox.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

"Kasus Mpox ini terus bertambah. Saat ini ada 34 kasus dengan sebaran 5 di Banten, 2 di Jawa Barat dan sisanya di DKI Jakarta," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Tangerang, Rabu, 8 November 2023.

Saat ini, puluhan pasien cacar monyet itu masih dilakukan proses isolasi dan penanganan medis di beberapa rumah sakit wilayah setempat. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Ilustrasi cacar monyet/monkeypox.

Photo :
  • Freepik

"Iya, masih dilakukan perawatan ya, di isolasi, belum ada yang sembuh," ujarnya.

Menkes Budi Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus

Untuk mengatasi itu, pihaknya menyiapkan vaksin untuk menangkal penyebaran cacar monyet atau monkeypox (Mpox). Meski begitu, pemberian vaksinmasih terbatas hanya untuk kelompok tertentu.

"Jadi vaksinnya secara di belakang layar kita lakukan. Karena balik lagi, vaksin diberikan kepada kelompok-kelompok tertentu, mereka yang memiliki resiko tinggi," ujarnya.

Cacar monyet

Photo :
  • times of india

Dimana, vaksin diberikan kepada mereka yang terpapar atau kontak erat dengan pasien Mpox. Lalu, distribusi vaksinasi juga akan diberikan kepada daerah sesuai dengan permintaan daerah tersebut.

"Untuk kelompok tertentu dan sesuai permintaan. Sementara selain vaksin, cara lain yang dilakukan kami untuk penanggulangan sebaran mpox ini adalah dengan gencarkan kembali sosialisasi kepada masyarakat dan juga kelompok rentan tertular,” jelas Menkes Budi.

“Dengan cara terapkam perilaku hidup bersih dan sehat, serta terapkan protokol kesehatan. Mengingat, Mpox ini ditularkan dengan perilaku seksual," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya