Ulasan Lengkap Monkeypox dari WHO: Penyebaran, Gejala, dan Pencegahannya

Cacar monyet/Monkeypox.
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Lifestyle – Infeksi virus Mpox atau monkeypox (juga dikenal sebagai cacar monyet) menjadi perhatian di banyak belahan dunia, termasuk negara-negara di Asia Tenggara (SEA). Penyakit yang mirip dengan cacar ini disebabkan oleh virus yang ditularkan dari hewan ke manusia dan dapat menimbulkan gejala ringan hingga berat.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Tidak hanya dari hewan ke manusia, tetapi penyakit yang satu ini juga bisa menular dari sesama manusia. Penyebaran monkeypox cukup cepat yang disebabkan oleh berbagai faktor. Apa saja? Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Beberapa faktornya antara lain, tingginya jumlah orang yang bepergian, perdagangan internasional hewan seperti monyet, munculnya jalur penularan baru dari manusia ke manusia, khususnya melalui hubungan seksual Lelaki Seks Lelaki (LSL), munculnya gejala yang tidak biasa, dan masih minimnya ketersediaan vaksin MPox di negara-negara berisiko tinggi. Lebih dari 90 persen kasus MPox di dunia dilaporkan pada populasi khusus yaitu homoseksual dan biseksual.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Berikut ini adalah informasi seputar Monkeypox yang harus diketahui berdasarkan rekomendasi dari WHO.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Penyebaran

Penularan Mpox dari orang ke orang dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang menular atau lesi lain seperti di mulut atau alat kelamin, ini termasuk kontak yang mana tatap muka (berbicara atau bernapas), kulit-ke-kulit (sentuhan atau seks vagina/anal), mulut ke mulut (berciuman), kontak mulut ke kulit (seks oral atau mencium kulit), tetesan pernapasan atau aerosol jarak pendek dari kontak dekat yang berkepanjangan.

Virus kemudian masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang rusak, permukaan mukosa (misalnya mulut, faring, mata, genital, anorektal), atau melalui saluran pernapasan. Mpox dapat menyebar ke anggota rumah tangga lainnya dan pasangan seks.

Orang dengan banyak pasangan seksual mempunyai risiko lebih tinggi. Penularan Mpox dari hewan ke manusia terjadi dari hewan yang terinfeksi ke manusia melalui gigitan atau cakaran, atau selama aktivitas seperti berburu, menguliti, menjebak, memasak, bermain dengan bangkai, atau memakan hewan. Tingkat sirkulasi virus pada populasi hewan.

Orang dapat tertular Mpox dari benda yang terkontaminasi seperti pakaian atau linen, melalui luka tajam di layanan kesehatan, atau di lingkungan komunitas seperti salon tato. Tanda dan gejala Mpox menyebabkan tanda dan gejala yang biasanya dimulai dalam waktu seminggu tetapi dapat muncul 1–21 hari setelah terpapar.

Gejala biasanya berlangsung selama 2-4 minggu, namun bisa bertahan lebih lama pada seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah. 

Ilustrasi cacar monyet/monkeypox.

Photo :
  • Freepik

Gejala

Gejala umum Mpox adalah ruam, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, energi rendah, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Bagi sebagian orang, gejala pertama Mpox adalah ruam, sementara yang lain mungkin memiliki gejala berbeda pada awalnya. Ruam dimulai sebagai luka datar yang berkembang menjadi lepuh berisi cairan dan mungkin terasa gatal atau nyeri. Saat ruam sembuh, lesi mengering, mengeras, dan rontok.

Beberapa orang mungkin memiliki satu atau beberapa lesi kulit dan yang lainnya memiliki ratusan atau lebih. Penyakit ini dapat muncul di mana saja pada tubuh seperti telapak tangan dan telapak kaki, wajah, mulut dan tenggorokan, daerah selangkangan, dan genital dubur.

Beberapa orang juga mengalami pembengkakan yang menyakitkan pada rektum atau nyeri dan kesulitan saat buang air kecil. Orang dengan Mpox menular dan dapat menularkan penyakitnya kepada orang lain sampai semua luka sembuh dan lapisan kulit baru terbentuk. Anak-anak, orang hamil, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah berisiko mengalami komplikasi Mpox.

Biasanya pada Mpox, demam, nyeri otot, dan sakit tenggorokan muncul lebih dulu. Ruam Mpox dimulai di wajah dan menyebar ke seluruh tubuh, meluas ke telapak tangan dan telapak kaki dan berkembang selama 2-4 minggu secara bertahap.

Dalam konteks wabah global Mpox yang dimulai pada 2022 (sebagian besar disebabkan oleh virus Clade IIb), penyakit ini dimulai secara berbeda pada beberapa orang. Pada lebih dari setengah kasus, ruam mungkin muncul sebelum atau bersamaan dengan gejala lainnya dan tidak selalu menyebar ke seluruh tubuh. Lesi pertama bisa terjadi di selangkangan, anus, atau di dalam atau sekitar mulut.

Ilustrasi cacar monyet/monkeypox.

Photo :
  • Freepik

Perawatan dan Pencegahan

Kebanyakan penderita Mpox akan pulih dalam waktu 2–4 minggu. Hal-hal yang harus dilakukan untuk membantu meringankan gejala dan mencegah menulari orang lain yaitu tinggallah di rumah dan di kamar sendiri, jika memungkinkan sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air atau hand sanitizer, terutama sebelum atau sesudah menyentuh luka, kenakan masker dan tutupi lesi saat berada di sekitar orang lain hingga ruam sembuh, menjaga kulit tetap kering dan terbuka (kecuali jika berada di ruangan bersama orang lain), hindari menyentuh barang-barang di ruang bersama, dan sering-seringlah mendisinfeksi ruang bersama.

Gunakan obat kumur air asin untuk luka di mulut mandi sitz atau mandi air hangat dengan soda kue atau garam Epsom untuk mengatasi luka di tubuh, lalu minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol (asetaminofen) atau ibuprofen.

Tidak melepuh atau luka garukan, yang dapat memperlambat penyembuhan, menyebarkan ruam ke bagian tubuh lain, dan menyebabkan infeksi pada luka; atau cukur area yang terdapat luka hingga koreng sembuh dan memiliki kulit baru di bawahnya (hal ini dapat menyebarkan ruam ke bagian tubuh lain).

Untuk mencegah penyebaran Mpox ke orang lain, pengidap Mpox harus diisolasi di rumah, atau di rumah sakit jika diperlukan, selama masa infeksi (mulai dari timbulnya gejala hingga lesi sembuh dan korengnya hilang).

Menutupi lesi dan memakai masker medis saat berada di hadapan orang lain dapat membantu mencegah penyebaran. Menggunakan kondom saat berhubungan seks akan membantu mengurangi risiko terkena Mpox namun tidak akan mencegah penyebaran melalui kontak kulit ke kulit atau mulut ke kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya