Tips Atasi Mata Gatal dan Berair karena Paparan Polusi

Ilustrasi mata berair
Sumber :
  • Pexels

VIVA LifestyleKualitas udara yang berbahaya dan beracun dapat berdampak buruk pada kesehatan. Mulai dari masalah pernapasan hingga masalah kulit dan kesehatan pencernaan, ada banyak aspek kesehatan yang dapat dipengaruhi oleh polusi udara.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Selain itu, paparan polusi udara luar ruangan bahkan bisa menyebabkan mata gatal dan berair. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melindungi mata dari dampak buruk polusi udara. Apa saja? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya.

Polusi telah menjadi isu global yang semakin mengkhawatirkan. Di antara berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan polusi, mata gatal dan berair merupakan masalah yang umum terjadi.

7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya

Partikel mikro dan polutan di udara dapat mengiritasi mata dan menyebabkan ketidaknyamanan. Untungnya, terdapat beberapa solusi untuk meringankan gejala-gejala ini dan melindungi mata dari dampak buruk polusi. 

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Melansir Health Shots, berikut ini adalah tips mengatasi mata gatal akibat polusi dari Dokter Spesialis Mata Konsultan Senior bernama Dr Jayapal Reddy.

1. Gunakan obat tetes mata

Pelumas obat tetes mata, atau yang sering disebut sebagai air mata buatan, dapat meredakan nyeri dengan segera. Obat tetes ini membantu melembapkan mata hingga menghilangkan iritasi. Pilihlah obat tetes mata bebas pengawet untuk hasil terbaik dan mengurangi risiko mata perih.

2. Kenakan kacamata hitam

Seperti halnya menggunakan masker untuk melindungi saluran pernapasan, kacamata juga bisa dipakai untuk melindungi mata dari paparan polusi secara langsung.

"Belilah kacamata hitam yang menawarkan perlindungan UV-A dan UV-B. Kacamata hitam bertindak sebagai penghalang fisik, melindungi mata Anda dari debu, polutan, dan sinar UV yang berbahaya," kata Dr Reddy. 

Jika waktu dalam sehari lebih banyak dihabiskan di luar tuangan, mengenakan kacamata hitam berkualitas baik dapat membantu dengan melindungi mata secara fisik.

ilustrasi kelopak mata

Photo :
  • freepik/valuavitaly

3. Pencuci mata

Banyak orang yang menganut kebiasaan baik membilas mata dengan air terlebih dahulu di pagi hari atau sebelum tidur di malam hari. Namun, karena polusi sedang mencapai puncaknya, pencuci mata berkualitas baik dapat digunakan untuk membilas mata dan membantu menghilangkan kuman atau polutan yang tidak diperlukan. 

"Basuh mata Anda dengan larutan pencuci mata garam untuk menghilangkan segala iritasi yang mungkin menumpuk di permukaan mata Anda. Hal ini dapat sangat bermanfaat setelah menghabiskan waktu di daerah yang tercemar," kata sang pakar.

4. Tetap terhidrasi

Tubuh yang terhidrasi selalu bisa terbebas dari racun. Dehidrasi dapat memperburuk iritasi mata. Pastikan untuk selalu minum air dalam jumlah yang cukup untuk menjaga tubuh dan mata tetap terhidrasi dengan baik.

5. Kurangi paparan alergen

Jika diduga ada alergi yang berkontribusi terhadap kondisi mata gatal dan berair, ambillah langkah-langkah untuk meminimalkan paparannya. Tutup jendela, gunakan pembersih udara di dalam ruangan, dan hindari aktivitas di luar ruangan selama hari-hari dengan banyak debu halus atau polusi yang sangat tinggi.

6. Kompres dingin

Oleskan kompres dingin pada kelopak mata yang tertutup selama beberapa menit. Rasa dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan rasa gatal.

7. Berkedip secara teratur

Sadarlah untuk lebih sering berkedip. Berkedip membantu menyebarkan lapisan pelindung air mata ke seluruh bagian mata, sehingga dapat meminimalkan rasa tidak nyaman.

8. Jaga kebersihan kelopak mata

Menggunakan tisu atau scrub kelopak mata dapat membantu mencegah penumpukan kotoran dan iritasi di sepanjang garis bulu mata. Tisu atau scrub kelopak mata ini dapat dibawa di dalam tas sehingga berguna setiap kali merasakan iritasi pada mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya