Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Belimbing wuluh.
Sumber :
  • Instagram @kuliner_joglo

Jakarta – Belimbing wuluh, juga dikenal sebagai "belimbing sayur" atau "belimbing buluh", adalah buah yang kaya akan manfaat kesehatan yang sering kali diabaikan. Meskipun kecil dan kurang dikenal seperti kerabatnya, belimbing wuluh menawarkan sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Berikut adalah lima manfaat utama dari buah ini.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Kaya akan Antioksidan

Belimbing Wuluh

Photo :
  • flickr.com
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Belimbing wuluh mengandung antioksidan seperti polifenol, flavonoid, dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Belimbing wuluh.

Photo :
  • http://dapursaga.blogspot.com

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam belimbing wuluh membuatnya menjadi tambahan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C diperlukan untuk produksi sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang melawan infeksi dan penyakit.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Belimbing wuluh.

Photo :
  • Instagram @kuliner_joglo

Belimbing wuluh memiliki sifat hipoglikemik, yang berarti dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Ini membuatnya menjadi buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang yang berisiko mengalami diabetes. Serat dalam belimbing wuluh juga membantu mengontrol penyerapan gula dalam tubuh.

Membantu Pencernaan

Belimbing Wuluh atau belimbing sayur

Photo :
  • Dokumentasi Ayo Hidup Sehat tvOne

Belimbing wuluh mengandung serat diet yang baik untuk pencernaan. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan mendorong gerakan usus yang sehat dan mengurangi risiko sembelit. Selain itu, enzim dalam buah ini juga dapat membantu dalam pencernaan makanan.

Menjaga Kesehatan Kulit

Belimbing Wuluh atau belimbing sayur

Photo :
  • Dokumentasi Ayo Hidup Sehat tvOne

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam belimbing wuluh juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C diperlukan untuk produksi kolagen, protein yang membantu menjaga elastisitas dan kelembaban kulit. Antioksidan membantu melawan kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi lingkungan, yang dapat mengurangi risiko penuaan dini dan menjaga kulit tetap sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya