Lebih dari 5 Ribu Kasus Flu Singapura Dilaporkan di Indonesia

Mengenal Flu Singapura yang Akhir-akhir Ini Merebak di Indonesia
Sumber :
  • Primaya Hospital

VIVA Lifestyle – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah mengumumkan bahwa hingga Minggu ke-11 tahun 2024, tercatat sebanyak 5.461 individu telah terjangkit flu Singapura di wilayah Indonesia.

Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini

Selain itu, berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, sebanyak 738 kasus flu Singapura telah terjadi di wilayah tersebut sejak bulan Januari hingga Maret 2024. Scroll lebih lanjut ya.

Di samping itu, Dinas Kesehatan Kota Depok melaporkan adanya 45 kasus suspek flu Singapura sejak awal tahun hingga bulan Maret 2024, dengan 10 pasien yang saat ini sedang dirawat di sebuah rumah sakit.

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

"Ada peningkatan kasus flu Singapura di Indonesia akhir-akhir ini,," ungkap Ketua Satgas Covid PB IDI & Anggota Bidang Kajian Penanggulangan Penyakit Menular PB IDI, Prof. DR. Dr. Erlina Burhan, SpP(K), dalam jumpa pers daring PB IDI pada Rabu, 27 Maret 2024.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Ia juga menyoroti bahwa peningkatan kasus tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia, namun juga tercatat di negara-negara seperti China dan Malaysia.

Pada tahun 2021, terdapat peningkatan kasus flu Singapura di China yang bersamaan dengan puncak kasus Covid-19, mencapai 2,5 juta kasus. Sementara itu, pada tahun 2022, Malaysia melaporkan adanya 106.447 kasus flu Singapura.

Jumpa Pers Daring PB IDI Terkait Flu Singapura

Photo :
  • Tangkapan Layar

"Flu Singapura (Hand, Foot, and Mouth Disease - HFMD) merupakan sebuah penyakit akibat virus yang dapat menyerang anak dan dewasa," katanya.

Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak berusia 10 tahun, tetapi juga dapat menginfeksi dewasa. Gejalanya biasanya dimulai dengan demam, sakit tenggorokan, dan batuk.

Ciri khas dari penyakit ini adalah adanya lenting pada tangan dan kaki yang dapat pecah menjadi luka dan koreng. Lenting yang pecah di mulut dapat menyebabkan sariawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya