Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Ilustrasi nasi.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Diabetes melitus, penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi, telah menjadi ancaman kesehatan masyarakat Indonesia. Menurut data Kementerian Kesehatan RI, pada 2023, terdapat 19,5 juta penduduk Indonesia yang menderita diabetes dan jumlah ini diprediksi akan terus meningkat dalam beberapa waktu ke depan.

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga

Salah satu faktor risiko utama diabetest adalah konsumsi nasi putih yang berlebihan. Nasi putih mengandung kadar gula yang tinggi, yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Dalam satu cangkir beras yang dimasak, setidaknya mengandung 200 kalori. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Kemudian ketika diolah di dalam tubuh, karbohidrat yang terkandung dalam nasi akan dipecah menjadi glukosa. Oleh sebab itu, seiring dengan kesadaran akan kesehatan yang kian meningkat, banyak orang yang mulai beralih pada sumber karbohidrat lainnya untuk dikonsumsi sehari-hari seperti kentang, ubi, singkong, hingga nasi merah alih-alih nasi putih.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Kentang.

Photo :
  • Pixabay/ couleur

Proses memasak nasi putih juga memengaruhi kandungan gizi di dalamnya, sebab cara masak yang kurang tepat justru berisiko meningkatkan penyakit diabetes. Hal yang harus diperhatikan adalah tingkat kematangan nasi yang tepat tidak boleh terlalu matang tetapi tidak boleh terlalu mentah.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Ketika nasi terlalu pulen, kadar indeks glikemik akan semakin tinggi yang dapat memengaruhi kadar gula darah. Di sisi lain, nasi yang kurang matang juga mengandung bakteri tidak sehat seperti Bacillus Cereus yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

Maka dari itu, banyak orang lebih memilih memasak nasi menggunakan rice cooker yang lebih terjamin kematangan dan proses memasaknya. Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, muncul lah rice cooker yang dapat menjadikan nasi lebih rendah gula atau low sugar sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

"Kami dengan bangga menghadirkan inovasi terbaru penanak nasi yang dilengkapi teknologi terbaru low sugar di Indonesia. Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan CMW 720 LS Serela merupakan jajaran produk rice cooker revolusioner kami yang tidak hanya dilengkapi berbagai keunggulan juga dapat membantu Anda dan keluarga hidup lebih sehat," ungkap Kevin Mulyawan, Direktur PT Tripacific Electrindo (SEKAI), dalam keterangannya, dikutip Rabu 27 Maret 2024. 

Nasi yang dimasak dengan rice cooker rendah gula ini didukung dengan teknologi Low Sugar yang revolusioner untuk mengurangi kadar gula pada nasi hingga 50 persen. Caranya adalah dengan memisahkan air tajin yang menjadi sumber gula paling tinggi dari nasi ketika dimasak.

Dengan proses memasak nasi putih yang lebih sehat ini, sangat memungkinkan untuk menikmati nasi yang lebih sehat dengan harga lebih terjangkau dibandingkan jika harus mengonsumsi beras merah atau shirataki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya