Ternyata Bayam Mampu Membentuk Otot

Ilustrasi bayam.
Sumber :
  • Pixabay/kkolosov

VIVA.co.id – Dalam film kartun berjudul Popeye, kita akan melihat otot-otot Popaye yang membesar dan menjadi kuat usai mengonsumsi bayam. Ternyata hal itu bukan hanya sekadar film.

Studi: Sayuran Ini Turunkan Hipertensi dalam 24 Jam

Menurut sebuah penelitian, senyawa nitrat biasanya ditemukan dalam daun berwarna hijau seperti bayam, dapat membantu meningkatkan kinerja saat sedang berlatih massa otot. Kandungan ini penting untuk fungsi tubuh manusia, terutama selama berolahraga.

Para peneliti di University of Leuven, Belgia, menemukan atlet yang mengambil suplemen nitrat sebelum latihan interval berlari menunjukkan perubahan pada serat otot mereka, demikian dilansir The Sun.

5 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang

Setelah lima minggu, peserta menunjukkan komposisi yang meningkat dari serat otot mereka, yang membantu untuk meningkatkan kinerja mereka.

"Ini mungkin adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa asupan nitrat dapat berdampak pada perubahan komposisi serat otot," kata Profesor Peter Hespel.

5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang

Para peneliti menguji peserta studi dengan berbagai latihan. Dalam kondisi oksigen normal dan dalam kondisi hipoksia, di mana tingkat oksigen yang rendah sehingga mirip dengan lingkungan di ketinggian.

Mereka menemukan manfaat dari mengonsumsi nitrat sebelum latihan bahkan lebih berpengaruh pada ketinggian dengan minimnya oksigen.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Physiology ini berguna bagi para atlet yang berlatih pada ketinggian. Dalam kondisi tersebut jika atlet melakukan latihan intens yang cepat dan oksidatif maka hal itu akan mempertahankan kekuatan dan kinerja mereka.

Meski demikian, mengonsumsi banyak suplemen nitrat juga tidak dianjurkan karena membahayakan kesehatan.

Bayam.

Profesor Peter memperingatkan bahwa asupan nitrat secara konsisten selama pelatihan sangat tidak direkomendasikan sampai batas aman asupan nitrat pada manusia diturunkan.

Untuk pengembangan penelitian, profesor Peter berencana untuk meneliti apakah penambahan sayuran yang kaya nitrat juga dapat memiliki efek yang sama seperti senyawanya langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya