Efek Konsumsi Air Berlebih Sebelum Makan

Dokter sarankan tubuh mendapat asupan air yang cukup, yaitu delapan gelas per hari.
Sumber :
  • Pixabay/Tasya

VIVA.co.id – Usai mengonsumsi makanan berat, bagian lambung dan usus, seringkali terasa penuh. Meski makan dengan porsi normal, hal itu tetap saja membuat perut terasa tidak nyaman.

Totalitas Main Film Possession: Kerasukan, Darius Sinathrya Diet Ketat Turunkan Berat Badan

Salah satu alasannya yaitu konsumsi air mineral yang berlebihan sebelum makan. Hal tersebut diyakini dapat membuat perut terasa penuh usai konsumsi makanan berat.

Kebiasaan meminum air mineral dalam jumlah besar, terlebih dikonsumsi dengan terburu-buru, membuat perut terasa penuh dengan cepat. Apalagi, dengan konsumsi air mineral yang waktunya berdekatan dengan jam makan Anda.

Dokter Peringatkan Soal Obat Pelangsing yang Kerap Diendorse Artis

"Ini semua tentang ukuran lambung, di mana lambung hanya memiliki ruang yang terbatas," ujar gastroenterologist, dr. Robynne Chutkan, dikutip dari laman Prevention.

Menurut Robynne, konsumsi delapan gelas air mineral sehari untuk mencukupi kebutuhan tubuh, sudah membuat lambung merasa penuh. Apalagi, jika ditambah dengan beberapa pilihan makanan ringan yang membuat perut penuh dan adanya keinginan untuk buang air besar.

Zaidul Akbar Sebut Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan

Robynne menyarankan agar minum dua gelas air mineral, setidaknya 90 menit sebelum waktu makan tiba. Kebiasaan itu akan membuat perut memiliki ruang yang cukup untuk makanan yang dikonsumsinya.

"Berdiri dan berjalan juga dapat membantu untuk menurunkan makanan dalam tubuh dengan cepat, karena adanya gravitasi," tuturnya.

Tapi, jika hal itu sudah dihindari dan masih terasa lambung penuh, ada kemungkinan Anda mengidap intoleransi makanan yang dikonsumsi, seperti laktosa dan gluten. Maka, keadaan ini harus segera diperiksakan ke dokter secepatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya